Dark/Light Mode

Dorong Inovasi Produk Pangan

Kemenperin Luncurin Program Indonesia Food Innovation

Selasa, 25 Agustus 2020 12:55 WIB
Dirjen IKMA, Gati Wibawaningsih. (Foto: ist)
Dirjen IKMA, Gati Wibawaningsih. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
“Untuk dapat mengakselerasi para pelaku IKM makanan dan minuman pemula ini, maka pembinaan dan pendampingan yang tepat dari para ahli di bidang bisnis maupun teknis, diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan kualitas teknis dan manajerial yang pada akhirnya dapat meningkatkan skala bisnis mereka,” ungkap Gati.

Gati menegaskan, diperlukan adanya kerja sama antara pihak terkait untuk menciptakan IKM inovatif pangan, “Kami juga mendorong seluruh pihak diantaranya para Kepala Dinas yang membidangi perindustrian, para Ketua Inkubator Bisnis, dan para Ketua Asosiasi untuk bersama-sama menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha baru di bidang pangan,” tambahnya.

Baca juga : Inovasi Keanekaragaman Hayati Indonesia, Modal Besar dalam Industri Pangan

Benefit

Ditjen IKMA telah menyiapkan banyak benefit bagi yang lolos kurasi dari program IFI, peserta terpilih akan mengikuti program Food Camp yang akan mendapatkan Coaching dan Mentoring dari para pakar profesional untuk meningkatkan kepabilitas baik dari segi aspek teknis maupun bisnis menuju IKM pangan modern.

Baca juga : BI Luncurin Program Kampus Merdeka Di 7 Perguruan Tinggi

Ada 2 kategori peserta yang akan mengikuti coaching yaitu peserta dengan kategori produk antara (Intermediate Product) dan Kategori produk pangan akhir (End Product) dengan hadiah uang tunai masing-masing sebesar 40 juta untuk juara 1, 25 juta untuk juara 2 dan 15 juta untuk juara 3.

Pemenang dari program ini juga akan mendapatkan berbagai prioritas untuk mengikuti akselerasi lanjutan pengembangan bisnis melalui Coaching dan Mentoring eksklusif Scaling up usaha, lalu memperoleh fasilitasi sertifikasi HACCP atau sertifikat lain yang dibutuhkan dalam peningkatan daya saing dan mengikuti berbagai macam event pameran, investor matchmaking, dan fasilitasi membership e-commerce global.

Baca juga : Agar Anak Sehat, Kemenpora Luncurkan Program Siolga

Untuk mengikuti program Indonesia Food Innovation (IFI) 2020 dapat mendaftar melalui tautan kemenperin.IFI.go.id. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.