Dark/Light Mode

Genjot SDM Transportasi, Menhub Andalkan 27 Sekolah

Kamis, 27 Agustus 2020 20:07 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus menggenjot kualitas sumber daya manusia (SDM) yang akan memberikan peningkatan di sektor transportasi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, secara konsisten Kemenhub melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan meningkatkan kualitas lulusan sekolah transportasi. Saat ini ada 27 lembaga pendidikan dan pelatihan transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api. 

Baca juga : Bos Humpuss Transportasi Kimia Segera Disidang

"Semua ini bertujuan untuk menyediakan insan transportasi yang memiliki knowledge, skill, dan attitude dengan tujuan akhir menjadikan pelayanan transportasi yang berfokus pada pelayanan dengan mengutamakan kepada keselamatan dan keamanan transportasi dengan berpedoman kepada peraturan nasional dan internasional yang berlaku," ujarnya dalam webinar bertajuk Pembangunan Karakter SDM Transportasi dalam Keberagaman sebagai Jembatan Pemersatu Bangsa, Kamis (27/8).

BKS-sapaan akrab Budi Karya menilai, pembangunan infrastruktur transportasi bukanlah capaian tertinggi Kemenhub. Masih banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan. Salah satunya juga membentuk SDM transportasi yang unggul.

Baca juga : Saatnya BUMN Transportasi Darat Manfaatkan Peluang

"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, pembangunan non fisik atau pembangunan SDM transportasi merupakan faktor penting yang juga harus dibangun untuk menjadikan Indonesia negara yang berdaulat," katanya.

Ke depan, eks Dirut Angkasa Pura ll ini menilai, tantangan untuk membangun SDM yang link and match dengan dunia kerja makin besar. Namun, ia optimistis dapat meningkatkan pelayanan, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Baca juga : Masuk PSBB Transisi, Sandi Ramal Ekonomi Segera Pulih

"Juga terus berusaha untuk mewujudkan link and match antara pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan dengan kompetensi yang dibutuhkan," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.