Dark/Light Mode

Pertengahan Bulan Depan, Pemerintah Umumkan Hasil Uji Klinis Vaksin Covid

Jumat, 18 September 2020 21:00 WIB
Pertengahan Bulan Depan, Pemerintah Umumkan Hasil Uji Klinis Vaksin Covid

 Sebelumnya 
"Roadmap ini akan mengatur secara lengkap pelaksanaan vaksinasi. Termasuk, menyiapkan timeline dan tahapan pemberian imunisasi. Rencananya, roadmap akan diselesaikan dan dilaporkan pada rapat pleno minggu depan,” jelas Airlangga.

Baca juga : Pencegahan Penggudulan Hutan Perlu Dukungan Industri Kelapa Sawit

Selain itu, akan disusun juga Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) sebagai turunan dari Perpres Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi. Permenkes itu akan mengatur penetapan jumlah dan jenis vaksin, pengadaan vaksin, pembelian vaksin, penetapan kriteria, prioritas penerima dan prioritas wilayah, hingga petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi.

Baca juga : Pemerintah Gandeng Unicef Agar Kebagian Vaksin Virus Corona

"Critical time--nya adalah tiga bulan (sampai Desember 2020). Kita harus menjaga, jangan sampai ada lonjakan ekstrim dan kondisi tidak normal, sebelum vaksinasi mulai dilakukan,” papar Airlangga.

Baca juga : Menkes Pastikan Indonesia Kebagian Vaksin Covid-19

Masih soal vaksin, Menteri Kesehatan dan Badan PBB yang mengurus pemenuhan hak anak (UNICEF) telah meneken Nota Kesepakatan (MoU) tentang pengadaan vaksin Covid dengan skema multilateral. Disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.