Dark/Light Mode

APD Tidak Bisa Dipake Ulang

Warga Takut, Limbah Covid Nyebar Lewat Limbah Medis

Rabu, 18 November 2020 05:59 WIB
Limbah medis dan limbah rumah tangga bercampur di TPA Bekasi, Selasa (30/6/2020).(Dokumen Ketua Koalisi Persampahan Nasional (KPNAs) Bagong Suyoto)
Limbah medis dan limbah rumah tangga bercampur di TPA Bekasi, Selasa (30/6/2020).(Dokumen Ketua Koalisi Persampahan Nasional (KPNAs) Bagong Suyoto)

 Sebelumnya 
Sementara sampah kering bisa dikumpulkan lalu disumbangkan ke bank sampah yang mendaur ulang sampah seperti botol, kertas serta plastik.

“Kita belum bisa andalkan pemerintah untuk masalah waste management. Karena itu, kita bisa pilah sampah dari rumah. Kalau setiap rumah punya pemikiran seperti ini, masalah sampah akan beres,” katanya.

Baca juga : Tangani Covid, 1.147 Tenaga Kesehatan Tambahan Siap Bertugas

Ketika membeli kebutuhan rumah tangga, Rannie menyarankan membelinya dari toko curah dan membawa wadah sendiri.

“Ada beberapa toko untuk membeli sabun, sampo dan sebagainya dalam bentuk isi ulang. Jadi kita bisa menggunakan wadah sendiri,” ucapnya.

Baca juga : Surat Bebas Covid Terbit Tanpa Lewat Rapid Test

Dia juga menyarankan agar tidak menggunakan plastik sekali pakai, garpu sendok plastik, hingga saus sachet, saat berbelanja makanan via online.

“Saus sachet walaupun kecil tapi kalau jumlahnya banyak ya akan menumpuk. Lagi pula, saat di rumah kita biasanya sudah ada saus botolan. Sebaiknya minta tanpa saus sachet dan garpu sendok plastk,” imbuhnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.