Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Diresmikan Presiden Desember, Menhub Simulasi Uji Coba Pelabuhan Patimban

Senin, 30 November 2020 19:08 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara Table Top Exercise Uji Coba Bongkar Muat di Car Terminal Pelabuhan Patimban di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (30/11). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara Table Top Exercise Uji Coba Bongkar Muat di Car Terminal Pelabuhan Patimban di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (30/11). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar simulasi uji coba bongkar muat car terminal Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Uji coba ini merupakan persiapan sebelum pelabuhan Patimban resmi beroperasi secara terbatas.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyaksikan langsung simulasi ini. "Insya Allah kalau tidak ada halangan, dalam waktu dekat akan soft launching khusus untuk pengoperasian car terminal. Untuk kelancaran soft launching, sekarang kita lakukan simulasinya," kata dia dalam acara Table Top Exercise Uji Coba Bongkar Muat di Car Terminal Pelabuhan Patimban di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (30/11).

BKS, sapaan akrab Budi Karya Sumadi berharap, seluruh stakeholder terkait bersinergi menjamin terwujudnya keselamatan lalu lintas pelayaran khususnya di wilayah perairan Pelabuhan Patimban.

Baca juga : Menhub Puji Jepang Soal MRT Dan Pelabuhan Patimban

Menhub mengungkapkan, simulasi ini harus dilakukan karena pada Februari 2021, selain melayani car terminal, Pelabuhan Patimban juga disiapkan untuk melayani bongkar muat kontainer.

"Desember ini memang baru melayani kendaraan tapi di Februari atau Maret 2021 sudah mulai melayani bongkar muat kontainer walaupun belum dalam kapasitas yang besar," ujarnya.

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini menuturkan, Pelabuhan Patimban merupakan proyek jangka panjang yang baru akan kelar pada 2027. Patimban ditargetkan memiliki kapasitas setara dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga : Jelang Nataru, Kemenhub Uji Kelaikan Kapal Di 51 Pelabuhan

"Kesibukan dan load kendaraan dengan Pelabuhan Tanjung Priok akan sama," jelasnya.

Menhub menambahkan, rencananya Pelabuhan Patimban akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember ini.

"Dengan pengoperasian Pelabuhan Patimban, kita melihat akan tumbuh perekonomian yang mampu menarik sekitar 200 ribu tenaga kerja di dalam pelabuhan dan di sekitar pelabuhan," tandasnya.

Baca juga : Desember, Pelabuhan Patimban Siap Layani Ekspor Impor

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Ahmad mengatakan, pada fase awal, Patimban akan difokuskan sebagai pusat ekspor impor kendaraan dengan kapasitas 218 ribu Completely Built Up (CBU). Kapasitas tersebut terus ditingkatkan hingga 600 ribu CBU pada 2027.

"Kami mensimulasikan alur bongkar muat, melatih personel, dan melatih pihak yang terkait dengan bongkar muat kendaraan ekspor," ujarnya.

Pada tahap uji coba, kata Ahmad, bongkar muat akan dilakukan untuk pengiriman kendaraan grup Astra, yaitu PT Astra Daihatsu Motor dan PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia. Mobil Daihatsu dan Toyota akan menjadi muatan perdana dalam momentum tersebut. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.