Dark/Light Mode

Besok Rabu Pon, Hari Ini Panggil Calon Menteri

Pak Jokowi, Ganti Berapa Menteri....?

Selasa, 22 Desember 2020 05:03 WIB
Presiden Jokowi. (Foto : lukas-biro-pers-sekretariat)
Presiden Jokowi. (Foto : lukas-biro-pers-sekretariat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Besok, tepat Rabu Pon. Apakah Presiden Jokowi jadi me-reshuffle kabinet di hari keramat itu? Kira-kira berapa menteri yang akan diganti? Cukup mengisi dua menteri yang kosong atau reshuffle gede-gedean?

Semua pertanyaan itu belum dijawab dengan terang dan tegas oleh Jokowi. Namun, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono kasih bocoran. Kata dia, hari ini (Selasa, 22/12), Jokowi akan memanggil calon menteri.

Namun, Heru tak merinci dengan jelas siapa saja yang akan dipanggil. "Besok saya kabarin ya," kata Heru, kemarin.

Baca juga : Yang Mau Perpanjang SIM Di Jakarta, Hari Ini Hadir Di 5 Lokasi Ya...

Berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Jokowi dua kali melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon. Pertama, pada 12 Agustus 2015. Kedua, 27 Juli 2016. Namun, di reshuffle ketiga, Jokowi melakukannya di Rabu Pahing, yaitu pada 17 Januari 2018.

 Melihat pengalaman ini, banyak yang memprediksi, Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu besok. Apalagi desakan reshuffle semakin kencang, menyusul kosongnya dua kursi menteri plus banyaknya menteri yang bekerja di bawah harapan publik.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menjadi salah satu yang memprediksi akan terjadi reshuffle di Rabu Pon. Hitungan Jazilul, Rabu Pon adalah hari yang adem. Karena neptunya alias perhitungan angka dari weton adalah 14: Lakuning Rembulan.

Baca juga : Anies Merasa Tidak Bersalah

Namun begitu, Wakil Ketua MPR ini tidak bisa memastikan 100 persen besok akan ada reshuffle. "Saya tidak tahu pastinya. Sabar menunggu saja," kata Jazilul, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Pakar Komunikasi Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin melihat, indikasi Jokowi akan melakukan reshuffle pada Rabu Pon semakin kuat. Salah satunya, Jokowi sudah bertemu dengan beberapa ketua umum partai koalisi dan Wapres KH Ma’ruf Amin.

 "Artinya, hanya tinggal selangkah lagi, realisasi reshuffle di Rabu Pon. Ini soal kepercayaan. Ini soal keyakinan. Ini soal hari baik versi Jokowi. Rabu Pon dianggap hari yang keramat bagi Jokowi," kata Ujang, kepada Rakyat Merdeka tadi malam.

Baca juga : Pak Jokowi Sudah Tanda Tangan?

Namun, ia tidak menutup kemungkinan jika reshuffle akan mundur lagi. "Di politik, semua serba mungkin," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.