Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UPT Perkarantinaan Kementan Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi Terbanyak

Minggu, 27 Desember 2020 15:12 WIB
Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok sabet predikat wilayah bebas korupsi. (Foto: ist)
Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok sabet predikat wilayah bebas korupsi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang perkarantinaan, Badan Karantina Pertanian (Barantan) berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)

Hal ini diserahkan pada acara Apresiasi dan Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020.

Ada enam UPT Karantina pertanian yang mendapatkan predikat WBK, yaitu Karantina Belawan, Karantina Soetta, Karantina Surabaya, Karantina Tanjung Priok, Karantina Semarang dan Karantina Medan. Serta satu UPT Karantina mendapatkan Predikat WBBM, yaitu Karantina Yogyakarta. 

“Apresiasi yang tinggi kepada unit pelaksana teknis karantina yang telah lolos mendapatkan predikat WBK dan WBBM. Ini adalah salah satu upaya kita dalam membangun kepercayaan publik sebagai institusi pelayanan,” ujar Ali Jamil, Kepala Barantan melalui keterangan tertulisnya, Minggu (27/12).

Baca juga : Unit Pelaksana Teknis Kementan Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Terlebih lagi, tambah Jamil, untuk Karantina Yogyakarta yang telah berhasil meraih predikat WBBM, ini artinya selama tiga tahun berturut-turut Karantina Yogyakarta telah berhasil mempertahankan predikat WBK-nya. Sehingha tahun ini bisa meraih predikat WBBM, semoga tahun depan upt lain bisa menyusul mendapatkan predikat WBBM.

Jamil juga mengingatkan pada unit kerja pelayanan yang mendapat predikat WBK/WBBM, untuk tidak berpuas diri sampai di sini karena predikat yang didapatkan tidak bersifat permanen. 

Sebagai informasi, sebanyak 8 UPT di lingkup Kementerian Pertanian berhasil mendapatkan predikat ini dan 7 diantaranya dari UPT Perkarantinaan di Barantan. Penilaian yang  dilakukan secara periodik setiap tahun melalui monitoring dan evaluasi. 

Apabila, ditemukan fakta yang bertentangan dengan predikat WBK/WBBM maka predikat ini dapat dicabut dari unit yang bersangkutan.

Baca juga : Cerita Sandiaga Sempat Salah Baca Kode Pratikno Soal Menteri

SDM Kunci Reformasi Birokrasi

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, keberhasilan reformasi birokrasi harus didukung sumber daya manusia (SDM) aparatur yang tidak hanya unggul tapi juga berintegritas. Integritas lembaga maupun aparat harus ditegakkan sebagai formula untuk mencegah terjadinya korupsi yang sangat merugikan negara.

Setiap aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki komitmen untuk membangun budaya integritas, hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo kepada seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian. "Dengan integritas yang kuat, ASN akan mampu menghidari ancaman dan tekanan dari pihak manapun,” jelas Jamil.

Wisnu Haryana, Sekretaris Barantan menjelaskan, predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. 

Baca juga : Ada Aroma Penyimpangan Bansos Di Pilkada Sumbawa, KPK Bisa Turun Tangan

Wisnu optimis keberhasilan pembangunan ZI di Lingkup Badan Karantina Pertanian dapat meningkatkan kepercayaan publik pada Barantan sehingga perlindungan terhadap sumber daya alam terjaga, tersedianya pangan dan pakan asal produk pertanian yang sehat dan aman serta memiliki daya saing di pasar ekspor, pungkasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.