Dark/Light Mode

Hari Ini, Kemenhub Serahkan Sertifikat Tipe Pesawat N219 Kepada PT Dirgantara Indonesia

Senin, 28 Desember 2020 12:28 WIB
Hari Ini, Kemenhub Serahkan Sertifikat Tipe Pesawat N219 Kepada PT Dirgantara Indonesia

 Sebelumnya 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memesan pesawat N219 utk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan, dan memenuhi kebutuhan pesawat untuk menjangkau daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan), serta angkutan perintis.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, sertifikasi terhadap pesawat udara model N219 dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara sejak Februari 2014.

Baca juga : Presiden PKS Tegaskan Komitmen Lindungi Pekerja Migran Indonesia

Sesuai Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 21 atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) Part 21, masa sertifikasi berlaku selama 3 tahun, dan Ditjen Perhubungan Udara telah memberikan 2 kali izin perpanjangan pada tanggal 8 Februari 2017 dan 11 Februari 2020.

Direktur Utama PT Digantara Indonesia Elfien Guntoro mengatakan, pesawat N219 merupakan sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Karena sepenuhnya merupakan karya anak bangsa, dan juga merupakan prestasi pertama untuk dapat menyelesaikan evaluasi dan tes bagi pesawat dengan kompleksitas cukup besar.

Baca juga : Terawan Di Mana Ya?

“Sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia, untuk pertama kali berhasil menyelesaikan sertifikasi pesawat yang sepenuhnya merupakan karya anak bangsa," kata Erfien.

"Serta merupakan prestasi pertama bagi PT Dirgantara Indonesia serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, untuk dapat menyelesaikan evaluasi dan tes produk pesawat terbang nasional, dengan kompleksitas cukup besar,” imbuhnya.

Baca juga : iBANGGA Sempurnakan Indikator Pembangunan Manusia Di Indonesia

Sebagai informasi N219 adalah pesawat udara kategori komuter, high-wing monoplane dengan mid tail empennage, unpressurised cabin berkapasitas maksimum 19 penumpang, dengan roda pendarat fuselage mounted non-retractable tricycle, 2 engine turboprop PT6A-42 dengan 4 bilah propeller Hartzell. Serta dilengkapi sistem navigasi-komunikasi Garmin 1000 Next Generation. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.