Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Produk Asing

Jokowi Benci Tapi Butuh

Jumat, 5 Maret 2021 07:52 WIB
Presiden Jokowi naik ke helikopter VVIP Kepresidenan seri AS-332 HA-3402L2, yang merupakan buatan Prancis, di helipad Monas, kemarin. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi naik ke helikopter VVIP Kepresidenan seri AS-332 HA-3402L2, yang merupakan buatan Prancis, di helipad Monas, kemarin. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin pagi, di Istana Negara, Presiden Jokowi bikin pernyataan menggelegar: Ayo gaungkan cinta produk dalam negeri, benci produk luar negeri. Siangnya, Jokowi langsung terbang ke Banten menggunakan helikopter made in Prancis untuk meresmikan Bendungan Sindangheula dan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 

Kampanye “cinta produk dalam negeri, benci produk luar negeri” disampaikan Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) 2021. Dalam rapat itu, Jokowi meminta Kemendag mencari strategi yang tepat dalam pengembangan pasar produk Indonesia. 

"Produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri, bukan hanya cinta, tapi benci," kata Jokowi.

Baca juga : Batalkan Perpres Miras, PAN : Jokowi Mendengar Suara Rakyat

Jokowi menerangkan, Indonesia merupakan negara dengan 270 juta penduduk. Dengan jumlah tersebut, Indonesia merupakan pasar besar. Dia tidak mau pasar besar ini dijejali produk-produk impor. Makanya, branding produk lokal perlu diperkuat dan melekat. Agar masyarakat Indonesia mencintai produk Indonesia.

Beres acara, Jokowi bertolak ke Kabupaten Serang, Banten. Jokowi berangkat menumpang helikopter VVIP Kepresidenan seri AS-332 HA-3402L2 dari helipad Monas. Heli yang ditumpangi Jokowi itu made in Prancis.

Di heli itu, Jokowi ditemani Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. 

Baca juga : Jokowi Husnul Khatimah

Tiba di lokasi acara, Jokowi disambut para kepala daerah se-Banten. Tampak ada Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. 

Bendungan ini merupakan yang keempat yang diresmikan Jokowi tahun ini. Usai peresmian, Jokowi melakukan peninjauan bendungan dengan rombongan terbatas. Dia jalan beriringan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Di belakangnya ada Wahidin dan dua orang lainnya. Dalam sorotan kamera, Jokowi dan Basuki berdiskusi mengenai Bendungan Sindangheula. 

Soal kepastian heli VVIP Kepresidenan seri AS-332 HA-3402L2 buatan Prancis disampaikan Direktur Eksekutif Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi. Dia menerangkan, heli seri tersebut masih keluarga Super Puma. Didatangkan dari Prancis pada 2002. Kemudian, sejak 2011 dioperasikan Skadron 45 sebagai heli Kepresidenan. 

Baca juga : Muhammadiyah Dukung Keinginan Jokowi Revisi UU ITE

"Ini mestinya disebut produk impor dong, walaupun memang PT Dirgantara Indonesia juga memproduksi helikopter jenis ini di bawah lisensi pabrikannya," ungkap Fahmi, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.