Dark/Light Mode

Turunnya Kasus Aktif Dunia Tak Lepas Dari Peran Indonesia

Rabu, 10 Maret 2021 13:38 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito (Foto: Humas BNPB)
Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus aktif Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren penurunan sejak Februari 2021. Ini merupakan dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Jawa - Bali, yang dilanjutkan PPKM Mikro tingkat desa dan kelurahan.

Perkembangan baik di Indonesia ini sejalan dengan perkembangan kasus aktif tingkat dunia.

Baca juga : Siti Ucapkan Terima Kasih Untuk Dokter Yang Suntikkan Vaksin Kepada Pegawai LHK

Pada tingkat dunia, perkembangan kasus aktif terlihat sejalan dengan Indonesia. Pergerakan grafiknya cenderung terus meningkat, sejak awal berjangkit hingga Oktober 2020. Lalu, trennya meningkat secara signifikan dan tajam, hingga Februari 2021.

Seiring meningkatnya kasus aktif, negara-negara yang paling banyak menyumbang kasus aktif dunia di antaranya adalah Amerika Serikat, Rusia, Inggris dan Prancis. Selanjutnya, kasus aktif dunia terus menurun hingga hari ini.

Baca juga : Publik Swiss Dukung Perjanjian Indonesia EFTA CEPA

"Penurunan kasus aktif di Indonesia yang cukup signifikan ini, juga berkontribusi terhadap penurunan kasus aktif di dunia," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (9/3) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menurunnya kasus aktif baik di tingkat dunia dan Indonesia, diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi perkembangan ke depannya. Kasus aktif ini diharapkan dapat terus ditekan, hingga berkontribusi menekan kasus aktif tingkat dunia secara signifikan.

Baca juga : Kowani: Perempuan Indonesia Siap Masuki Era 5.0

Karena itu, Wiku mengajak semua pihak untuk bahu-membahu dalam menurunkan kasus aktif di Indonesia. "Upaya menurunkan kasus aktif di Indonesia ini merupakan bagian dari kontribusi Indonesia, terhadap penurunan kasus aktif dunia," pungkas Wiku. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.