Dark/Light Mode

Cegah Lonjakan Corona Pasca Lebaran

Mulai Hari Ini, Pemerintah Terapkan Random-Test dan Mandatory-Check Covid-19

Sabtu, 15 Mei 2021 13:58 WIB
Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPC-PEN Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual soal Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid Pasca Libur Lebaran, Sabtu (15/5) . (Foto: YouTube)
Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPC-PEN Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual soal Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid Pasca Libur Lebaran, Sabtu (15/5) . (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Random-Test di Jalan Tol yang dilakukan di 21 lokasi titik pengecekan, terbagi dalam 2 kelompok dengan rincian sebagai berikut:

1. Untuk Jalan Tol Trans-Jawa yang dikelola Jasa Marga (dari Timur menuju Jakarta), ada di 18 lokasi meliputi:

a. 13 lokasi di Rest-Area Jalan Tol

b. 4 lokasi di Pintu Masuk Tol Utama

c. 1 lokasi di eks Gerbang Tol Cikarang Utama KM.31.

Baca juga : Rayakan Lebaran, Sharp Hadirkan Ragam Promosi dan Hadiah Untuk Konsumen Setia

2. Untuk Jalan Tol Jakarta-Merak (dari Barat menuju Jakarta) terdapat 3 lokasi, meliputi:

a. 2 lokasi di Rest-Area KM.45 dan KM.68

b. 1 lokasi di Pintu Masuk Tol Cikupa

Sedangkan Random-Test Covid-19 di Jalan Nasional ada di beberapa lokasi, untuk sementara diterapkan di 4 lokasi. Disesuaikan dengan update kondisi di lapangan berdasarkan laporan dari Ditlantas Polda, yang terdiri dari:

a. Lokasi di Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang - Jawa Barat

Baca juga : Nggak Peka! Juliari Perintahkan Rapim Kemensos di Labuan Bajo saat Pandemi Covid-19

b. Lokasi di Pos Tegal Gubug di Susukan, Cirebon – Jawa Barat

c. Lokasi antara Indramayu – Jatibarang dan antara Sukabumi – Cianjur arah ke Jakarta.

“Informasi dari Kementerian Perhubungan, sudah lebih 1,5 juta orang yang melakukan perjalanan ke luar Jakarta. Karena itu, perlu diantisipasi kembalinya pasca libur Lebaran,” tandas Airlangga. 

Semua Gubernur di Sumatera dan Jawa, diminta mengambil tindakan untuk mencegah potensi peningkatan kasus Covid-19, dengan melakukan pemeriksaan secara ketat dokumen RT-PCR / Swab test antigen / Genose setiap pelaku perjalanan arus balik di pos penyekatan dan titik pengecekan.

Di Lampung, dibentuk Satgas Khusus Penanganan Arus Balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa, untuk melakukan mandatory-check terhadap dokumen RT-PCR / Swab Test Antigen / Genose setiap pelaku perjalanan arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga : Permudah Vaksinasi Daerah 3T, Pemerintah Bakal Gandeng ICRC

Pelaku perjalanan pasca Idul Fitri dengan hasil positif Covid-19, wajib dilakukan isolasi di tempat yang disediakan oleh Satgas Daerah, dengan rujukan ke fasilitas kesehatan setempat.

Apabila dekat dengan daerah asal, pasien dapat kembali ke daerah asalnya, namun apabila dekat dengan Jakarta, pasien direkomendasikan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.