Dark/Light Mode

Dimarahi Bupati Alor

Risma Balas Dengan Senyum

Kamis, 3 Juni 2021 07:10 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kanan) didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono melihat ruangan penjara bekas Ir. Sukarno saat mengunjungi cagar budaya Lapas Banceuy, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kanan) didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono melihat ruangan penjara bekas Ir. Sukarno saat mengunjungi cagar budaya Lapas Banceuy, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menunjukkan sikap mampu mengendalikan emosi. Hal itu terlihat saat Risma menanggapi makian Bupati Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Amon Djobo kepada dirinya. Risma tidak balik marah. Dia justru membalasnya dengan senyum.

Ngamuknya Amon terekam dalam sebuah video berdurasi 3 menit 9 detik. Video tersebut sebenarnya direkam sudah lama. Terjadi pertengahan April lalu, beberapa saat setelah Kabupaten Alor terdampak bencana Badai Seroja. Namun, video tersebut baru ramai dibicarakan, kemarin.

Baca juga : Perancis Jajaki Kerja Sama Produk Halal Dengan Kemenag

Dalam video itu, Amon menunjuk-nunjuk dua anak buah Risma dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang bertamu ke rumah jabatannya. Sedangkan Risma tidak ikut. Saat itu, Risma masih berada di Surabaya untuk menangani korban gempa di Malang dan sekitarnya.

Amon mengaku jengkel, karena bantuan dari Kemensos untuk korban bencana Alor disalurkan melalui DPRD. "Mulutnya lebih cepat dari pikiran. Pejabat apa model begitu. Menteri model apa itu? Dia tidak pernah ke Alor kok," ucap Amon dengan nada tinggi, menghardik Risma.

Baca juga : Dipuji Menpora, Lifter Rizky Bakal Masuk Tim Senior

Amon lalu membanding-bandingkan Risma dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang pernah menjabat sebagai Mensos di periode pertama Presiden Jokowi. "Masih lebih baik Ibu Khofifah. Besok kamu pulang saja, berarti kau tidak ikhlas datang ke Alor," usir si Bupati ke anak buah Risma.

Melihat video marahnya viral, Amon berusaha mengklarifikasi. Ia merasa dilangkahi bantuan disalurkan lewat DPRD. "Ini bantuan sosial apa bantuan politik. Karena itu lah saya marah," jelasnya.

Baca juga : Terima Bupati Solok Selatan, Menpora Bahas Sinergi Bidang Olahraga Dan Kepemudaan

Bagaimana sikap Risma? Saat diminta tanggapan wartawan di sela napak tilas di situs pengasingan Soekarno, di Lapas Banceuy, Kota Bandung, mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini merespons dengan tenang. Dari pancaran matanya, Risma tampak tersenyum. Meskipun mulutnya tertutup masker putih.

Risma menjelaskan alasan bantuan bencana disalurkan lewat DPRD. Ketika itu, ia mengaku sudah menghubungi pihak Pemkab Alor. Anak buahnya juga berusaha mengontak Kepala Dinas. Tapi gagal, karena jaringan komunikasi pasca-bencana badai Seroja itu terputus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.