Dark/Light Mode

Supaya Bisa Segera Disebar Ke Provinsi Zona Merah

Erick Minta Bio Farma Dongkrak Produksi Vaksin Hingga 2 Kali Lipat

Sabtu, 10 Juli 2021 17:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau pabrik vaksin Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/7). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau pabrik vaksin Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/7). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Peningkatan produksi ini akan mempercepat proses, setelah vaksin bentuk bulk tiba di Tanah Air. Berdasar data yang terpampang pada dashboard distribusi Bio Farma hari ini, dari target pengiriman 73.730.600 dosis,. Yang sudah terkirim ke seluruh Indonesia, mencapai 62.538.900 dosis melalui 883 delivery order (DO).

Saat ini, masih terdapat 16,5 juta dosis alokasi yang masih dalam proses keluarnya lot release dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga : Satgas Minta Seluruh Provinsi Bikin Posko Covid-19 Hingga Ke Kelurahan

Khusus di tiga provinsi di Pulau Jawa yang belakangan terjadi peningkatan jumlah pasien positif Covid-19, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, jumlah vaksin yang dikirim sudah melebihi rencana alokasi.

"Demi membanjiri provinsi yang masih berstatus zona merah, saya meminta agar Bio Farma mempercepat distribusi. Vaksinasi masih menjadi salah satu penangkal utama di tengah pandemi ini. Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN akan terus mengupayakan percepatan dan ketersediaan segala hal yang dibutuhkan masyarakat, saat PPKM Darurat. Salah satunya, menyediakan obat-obatan terapi penyembuhan Covid-19 di Apotek Kimia Farma," papar Erick.

Baca juga : Bio Farma Patok Maret Produksi Vaksin Selesai

Sejak PPKM Darurat diberlakukan pada 2 Juli lalu, Kementerian BUMN mengambil langkah antisipatif dengan mengecek operasional perusahaan-perusahaan BUMN yang dekat dengan kebutuhan rakyat.

Mulai dari ketersediaan Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19, kelancaran pasokan listrik, persediaan oksigen bagi rumah sakit dan puskesmas, hingga proses akhir vaksin.

Baca juga : Awas, Libur Panjang Akhir Tahun Bisa Dongkrak Kasus Positif Covid Hingga 3 Kali Lipat

"Di tengah keprihatinan ini, pelayanan terhadap masyarakat tidak boleh terhenti," pungkas Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.