Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi: Isolasi Terpusat Dan RS Darurat Di Daerah Harus Dikebut, Jangan Tunggu RS Penuh

Selasa, 20 Juli 2021 06:16 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta seluruh kepala daerah, untuk segera menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala. Terutama, di wilayah padat penduduk.

Tanpa adanya tempat isolasi terpusat, kecepatan penularan Covid-19 di wilayah padat penduduk tersebut diyakini bisa terjadi semakin cepat dan masif.

Baca juga : Jokowi: Pemulihan Kesehatan Harus Didahulukan

“Penyiapan rumah isolasi, terutama untuk yang bergejala ringan. Kalau bisa, ini sampai di tingkat kelurahan atau desa. Ini akan lebih baik. Kalau tidak, paling tidak, ada isolasi terpusat di tingkat kecamatan. Terutama, di kawasan-kawasan yang padat. Utamanya di kota-kota, ini harus ada," kata Presiden Jokowi dalam konferensi video dari Istana Bogor, Senin (19/7).

Berdasarkan hasil cek lapangan di sejumlah kawasan padat penduduk, Jokowi mengaku menemukan fakta, rumah berukuran 3×3 meter dihuni oleh 4 orang.

Baca juga : Lewati Jalur Tikus Di Kampung Sampai Jebolin Beton Pembatas

"Sehingga, kalau tidak disiapkan isolasi terpusat di kelurahan itu, atau paling tidak di kecamatan, penularannya akan sangat masif," tandasnya.

Selain itu, Presiden juga meminta kepala daerah untuk merencanakan dan menyiapkan rumah sakit daerah. Termasuk, rumah sakit cadangan dan rumah sakit darurat.

Baca juga : Pemerintah Terapkan PPKM Darurat Di 15 Daerah Luar Jawa-Bali, Ini Daftarnya

Sebagai langkah antisipasi, apabila terjadi lonjakan, sehingga kapasitas rumah sakit penuh.

"Paling tidak, kita memiliki perencanaan, bagaimana kalau rumah sakit itu penuh. Jangan tunggu rumah sakit penuh, baru menyiapkan. Akan terlambat,” tegas Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.