Dark/Light Mode

Menkop Dorong Pegawai Jadi Fasilitator Bagi Pelaku KUMKM

Selasa, 24 Agustus 2021 09:59 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak segenap pegawai dilingkungan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dan melakukan pendekatan profesi ketimbang regulasi, guna mencapai target - target yang telah ditetapkan. 

"Cakupan tugas KemenkopUKM itu sangat besar, dimana 60% perekonomian RI itu tergantung pada UMKM, meski ada 22 K/L yang memiliki program UMKM namun KemenkopUKM menjadi leader dalam pengembangan UMKM," kata Teten dalam keterangan resminya. 

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan pada pegawai KemenkopUKM berupa Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, serta pemberian beasiswa pada pegawai KemenkopUKM. 

Baca juga : Genjot Bansos, BNI Dorong Realisasi Penarikan Dana

Menteri Teten berpesan, pegawai dilingkungan KemenkopUKM agar bisa juga menjadi fasilitator yang baik, dengan cara tertib anggaran, regulasi dan kebijakan yang implementasinya melalui kerjasama dengan stakeholders UMKM dan koperasi. 

"Harapannya pegawai KemenkopUKM bisa menjadi berwibawa, mampu tumbuh berkembang dan mendapat apresiasi dari pihak lain," katanya. 

Untuk itu, pengembangan SDM di lingkungan KemenkopUKM akan terus dilakukan untuk meningkatkan kinerja, motivasi kerja, intregitas pribadi maupun lembaga. 

Baca juga : Moeldoko Dorong Peningkatan Kapasitas Petani Di Indonesia

"Terlebih saat ini perubahan terjadi sangat dinamis, kita harus mampu mengantisipasinya bahkan bisa menjadi inovator," ujar MenkopUKM. 

Diwaktu yang sama Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menambahkan, dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dilingkungan Kementerian Koperasi dan UKM, pihaknya akan memberikan penghargaan bagi pegawai yang nenjadi agent of change dilingkungan kerjanya dan juga beasiswa bagi pegawai di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM yang ingin mengembangkan kompetensi diri. 

“Dalam kesempatan ini ada 5 pegawai yang diusulkan dari berbagai unit kerja kedeputian yang akan mendapatkan penghargaan. Perdana di tahun ini kami juga memberikan beasiswa, dan alhamdulilah mereka diterima di Universitas Indonesia. Kami rencakanakan di tahun depan juga akan diadakan kembali dan juga ditingkatkan,” tutup Arif. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.