Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tembus Rp 207 T, Surplus Neraca Perdagangan Cetak Rekor

Kamis, 26 Agustus 2021 00:05 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (Foto: ist)
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan neraca perdagangan RI secara kumulatif periode Januari-Juli 2021, surplus 14,42 miliar dolar AS atau Rp 207 triliun.

"Ini rekor tertinggi sejak 10 tahun terakhir, terakhir tahun 2011," ujar Jerry saat pencanangan pembangunan Pusat Jajanan Kuliner dan Cendera Mata di Likupang, Kabupaten Minahasa, dikutip dsri Antara, Rabu (25/8)

Baca juga : Bos AP I Pede Trafik Penumpang Terkerek

Capaian ini, sebut dia, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi kepada Kementerian Perdagangan untuk mencapai neraca perdagangan surplus. “Mudah-mudahan ini bisa kita pertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Surplus neraca perdagangan ini, lanjut dia, tidak bisa dilepaskan dari kontribusi semua pihak di Kementerian Perdagangan, kementerian dan lembaga pusat dan daerah.

Baca juga : Tembus Rp 1.364 T, Ekspor Industri Tancap Gas

Neraca surplus ini, juga ikut dikontribusikan dari Provinsi Sulut. "Terima kasih kepada Gubernur, Wakil Gubernur dan jajaran yang terus berkontribusi konkrit dan signifikan terhadap surplus neraca perdagangan. Terima kasih juga kepada kabupaten dan kota," katanya.

Dia mencontohkan bagaimana Pemprov Sulut mengekspansi ekspor menggunakan pesawat Garuda untuk membawa produk langsung diekspor ke Jepang. Terobosan ini adalah upaya pemerintah daerah untuk memastikan produk-produk cepat keluar untuk meningkatkan ekspor.

Baca juga : Lomba Media Rush 2021 PT Surveyor Selesai, Berikut Pemenangnya

"Semua produk itu kita petakan, identifikasi, dan memastikan, kita gunakan juga support-support Kemendag. Kita punya atase perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center yang bisa dimanfaatkan," katanya.

Saat ini, ada 44 perwakilan negara-negara yang melakukan Business Matching antara pembeli dan penjual, termasuk produk-produk yang berasal dari Sulut. "Ini dilakukan luar bisa masif, ada kesempatan untuk memastikan produk bisa dibeli di luar negeri," sebutnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.