Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Webinar Literasi Digital Aptika Kominfo

Adaptasi, Media Massa Kudu Kreatif Dan Inovatif Dalam Dunia Digital

Kamis, 2 September 2021 22:12 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut saat menjadi keynote speaker dalam Webinar Literasi Digital Kominfo dengan tema Tantangan Industri Media Konvensional dalam Era Digital. (Foto: Zoom)
Anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut saat menjadi keynote speaker dalam Webinar Literasi Digital Kominfo dengan tema Tantangan Industri Media Konvensional dalam Era Digital. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Ditjen Aptika Kominfo RI) bekerja sama dengan DPR kembali mengadakan acara Webinar Literasi Digital Kominfo, Kamis (2/9). Kali ini, temanya, "Tantangan Industri Media Konvensional dalam Era Digital". 

Melalui Webinar Literasi Digital ini, Ditjen Aptika Kominfo ingin mengedukasi peserta webinar yang terdiri dari berbagai pegiat teknologi informasi digital, di antaranya aktivis media sosial, blogger dan jurnalis yang tersebar di berbagai media online, untuk berjuang bersama-sama menciptakan iklim literasi digital.

Caranya, dengan mendorong mereka untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia digital. Webinar Literasi Digital Aptika Kominfo menghadirkan empat pemateri ahli.

Keempatnya adalah Anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut, Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Sekjen Garda Pemuda (GP) Nasdem Moh. Haerul Amri, dan Anggota DPRD Sulawesi Utara Sherly Tjanggulung.

Baca juga : Sandi Ajak Pengusaha Ciptakan Konten Kreatif Lewat Platform Digital

Hillary Brigitta Lasut dalam sambutannya sebagai keynote speaker menyampaikan, di era digital, siapapun yang tidak mampu beradaptasi maka harus bersiap-siap akan tertinggal. Termasuk, industri media.

"Media-media yang tidak siap dengan serbuan internet dipastikan tidak akan mampu bertahan lama," tuturnya, Kamis (2/9). 

Karena itu, lanjut Hillary, dibutuhkan kreativitas media untuk tetap mampu bertahan. Salah satunya, dengan konvergensi media.

"Konvergensi media atau pun integrasi atau pun penggabungan berbagai macam media ke dalam salah satu platform melalui teknologi digital," ujar Hillary.

Baca juga : Menteri Sandi Berupaya Jadikan Wisata Geopark Maros Jadi Kelas Dunia

Sementara Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengutip pernyataan Executive Director Nielsen Media Hellen Katherina pada tahun 2020, yakni saat ini media digital di Tanah Air sudah lebih banyak dibandingkan dengan media cetak. Hal ini, kata dia, terjadi karena adanya ledakan konektivitas digital.

"Di mana semua orang di bumi akan terhubung satu sama lain, sehingga akan menghasilkan peningkatan produktivitas, kesehatan, pendidikan, kualitas hidup dan berjuta kesempatan lain di dunia nyata,” ujarnya.

Dia juga memaparkan, dengan adanya ledakan konektivitas digital, pemerintah melakukan lima langkah percepatan transformasi digital di era Covid-19.

Pertama, melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital serta penyediaan layanan internet. Kedua, menyiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis.

Baca juga : Generasi Muda Optimis Polri Kian Adaptif Dan Inovatif

Berikutnya ketiga, mempercepat Integrasi Pusat Data Nasional. Kemudian keempat, menyiapkan regulasi atau skema-skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital secepat-cepatnya, Dan terakhir, kelima, menyiapkan kebutuhan SDM Talenta Digital.

Sementara itu, Sekjen GP Nasdem Moh. Haerul Amri mengatakan, media massa merupakan alat untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada masyarakat luas.

Perkembangan teknologi yang saat ini terjadi, membuat masyarakat mengakses serta menyebarluaskan informasi secara cepat dan mudah.

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini tentu memiliki dampak positif dan negatif yang mempengaruhi perubahan sosial di masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.