Dark/Light Mode

Kepala Perpusnas Memotivasi Duta, Bunda/Bapak Literasi Sumsel

Sabtu, 6 November 2021 18:29 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (tengah), dalam Festival Literasi Sumsel 2021, di Area Taman Bukit Siguntang Palembang, Sabtu (6/11). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (tengah), dalam Festival Literasi Sumsel 2021, di Area Taman Bukit Siguntang Palembang, Sabtu (6/11). (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
Gubernur Sumsel Herman Deru berterima kasih atas motivasi yang disampaikan Syarif Bando. "Jujur, semua orang yang ada di sini tidak ada yang merasa bahwa kita sudah dibius dan sudah diliterasi oleh Pak Syarif. Terima kasih Pak atas motivasi yang luar biasa," kata Herman.

Untuk itu, Herman meminta Duta Literasi, Bunda dan Bapak Literasi untuk menjadi penggiat literasi. "Tolong tularkan ilmu. Seperti yang disampaikan Kepala Perpusnas tadi, tetapi sesuaikan dengan kondisi wilayah dan kebutuhan di daerah. Kita terapkan itu," lanjut dia.

Baca juga : Peparnas Papua Bakal Terapkan Prokes Ketat

Herman menuturkan, literasi bisa meningkatkan kesejahteraan. Melalui membaca, diharapkan masyarakat yang sebelumnya hanya menjadi konsumen dapat menjadi produsen. Hal ini sejalan dengan program Sumsel Mandiri Pangan, yang akan diluncurkan Pemprov Sumsel.

"Kecerdasan yang didapat bisa menambah penghasilan. Tetapi yang sering dilupakan mengefisiensi pengeluaran. Ini yang memotivasi kita melibatkan semua Bunda dan Bapak Literasi untuk meliterasi menuju kesejahteraan. Dengan motivasi ini, kami akan ejawantahkan di lapangan sesuai dengan kapasitas kami," lanjut Herman.

Baca juga : KPK Dalami Perintah Bos PT SSN Siapin Duit Buat Suap Bupati Muba

Pada kesempatan yang sama, Herman mengukuhkan Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva Herman Deru, Bunda dan Bapak Literasi. Bapak Literasi dari Kabupaten Musi Rawas merupakan satu-satunya Bapak Literasi di Indonesia. Acara kemudian dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan Bhakti Adipustaka Sumatera Selatan 2021 yang merupakan bentuk apresiasi Pemprov kepada masyarakat, kelompok, dan/atau lembaga yang peduli terhadap peningkatan gerakan pembudayaan kegemaran membaca dan usaha nyata dalam meningkatkan minat baca.

Syarif Bando juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemprov Sumatera Selatan dan Bupati Muara Enim atas dedikasi dalam mengembangkan dan membina perpustakaan di Sumatera selatan. Usai acara, Syarif Bando bersama Herman mengunjungi pameran literasi, yang terdiri dari 16 stand dari kabupaten/kota se-Sumsel, Indonesia Council Small Business (ICSB) Sumsel, stand Tim Dekranasda Sumsel, dan Pojok Baca Area (Dinas Perpustakaan Sumsel), stand Disbudpar Sumsel, stand Kampung Literasi 26 Ilir Kota Palembang, dan stand IKAPI Sumsel.

Baca juga : Pangdam Kasuari Gelar Harmonisasi Papua Barat

Festival Literasi Sumsel pertama kali digagas almarhumah Perca Leanpuri yang merupakan Duta Literasi Sumsel. Tahun ini,  Festival Literasi Sumsel dilaksanakan secara hybrid, luring dan daring, pada 6-8 November 2021. Dengan tema "Generasi Tangguh dan Kreatif Di Masa Pandemi" berbagai kegiatan dilakukan di Festival Literasi. Di antaranya, lomba enam jenis literasi dasar, workshop literasi, pameran literasi, dan pameran virtual. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.