Dark/Light Mode

Gelar Rakor, KPK Ajak Kepala Daerah Se-Jatim Jihad Lawan Korupsi

Senin, 15 November 2021 20:47 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat menggelar Rakor dengan kepala daerah se-Jawa Timur, di Gedung Grahadi Pemprov Jatim, Senin (15/11).
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat menggelar Rakor dengan kepala daerah se-Jawa Timur, di Gedung Grahadi Pemprov Jatim, Senin (15/11).

 Sebelumnya 
Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Jatim Jonahar melaporkan, sepanjang 2021 hingga per hari ini telah diterbitkan 5.659 sertifikat aset Pemda. Jonahar berharap, di tahun 2023 seluruh aset pemda selesai dilaksanakan sertifikasi.

"Terima kasih kepada Ibu Gubernur, jajaran Pemda, serta KPK atas kolaborasi dan koordinasi yang baik sehingga kita dapat menyelesaikan sekitar 6.000 kurang sedikit sertifikat. Pada hari ini akan diserahkan sebanyak 3.044 sertifikat terdiri dari 3.022 bidang yang tersebar di 39 kab/kota, dan 20 bidang pemprov yang terletak di Kab Magetan," terang Jonahar.

Baca juga : Gandeng Polri, Ajaib Tingkatkan Keamanan Data Dan Cyber Security di Indonesia

Dia juga mengungkapkan, tahun ini, Kabupaten Banyuwangi telah selesai mengukur sebanyak 2.132 bidang. Apabila sesuai dengan rencana, pada 18 Desember mendatang sertifikasi aset di sana akan mencapai 100 persen.

Dalam rangka percepatan sertifikasi, Pemda dapat juga melakukan pengukuran terlebih dahulu. Baru kemudian, dicari dokumennya. Apabila tidak ada dokumen, dapat membuat surat keterangan penguasaan fisik. Tidak perlu dicari kronologisnya lagi. Hal yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi ini, diharapkan dapat dicontoh Pemda lain.

Baca juga : Ketua KPK Ingatkan Kepala Daerah Di Jateng: Jadilah Leader dan Pelopor Yang Berintegritas

Kegiatan rakor ini juga dihadiri Wakil Gubernur, Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jatim, para Kepala Daerah dan Ketua DPRD se-Jatim, serta Kepala Kantor Pertanahan Kementerian ATR/BPN se-Jatim.

Menutup diskusi, Ghufron berharap momen Hari Antikorupsi Sedunia yang setiap tahun dirayakan tidak dibarengi dengan peningkatan kasus korupsi. Ghufron mengingatkan bahwa untuk mencapai kemerdekaan, para pahlawan telah berjuang dan mengorbankan semuanya tanpa pernah merasakan hidup mewah.

Baca juga : Ridwan Kamil Ajak Pemuda Perang Lawan Kebodohan Dan Kemiskinan

"Berada di Surabaya, Kota Pahlawan, rasanya perlu kita jaga semangat perjuangan para pahlawan. Semua yang mereka lakukan untuk mewujudkan tujuan negara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," tutup Ghufron. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.