Dark/Light Mode

Saran untuk Jemaah Haji: Istirahat Total 1 Minggu Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sabtu, 23 Maret 2024 20:13 WIB
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Lilik Mahendro Susilo (Foto: MCH 2024)
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Lilik Mahendro Susilo (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para jemaah haji Indonesia disarankan untuk beristirahat total selama satu minggu menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Hal ini penting untuk menjaga kebugaran jemaah di awal-awal kedatangan di Tanah Suci.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lilik Mahendro Susilo menerangkan, perjalanan ke Tanah Suci cukup melelahkan. Selama perjalanan itu, jemaah juga akan kurang tidur. Untuk itu, kondisi kesehatan jemaah harus prima. Salah satu cara menjaganya, dengan melakukan istirahat total menjelang keberangkatan.

Baca juga : Tenda Jemaah Haji Indonesia di Mina Kini Lebih Dekat dengan Jamarat

"Kalau bisa, seminggu sebelum berangkat jemaah harus istirahat. Jika ingin mengadakan walimatussafar, sebaiknya diadakan jauh-jauh hari," saran Lilik, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (23/3).

Kata Lilik, selama ini, banyak jemaah yang baru siap-siap dan memasukkan barang-barang ke koper untuk dibawa ke Tanah Suci malam sebelum berangkat. Sebelumnya, mereka sibuk mengadkan walimatussafar dan menerima tamu. Akhirnya, saat keberangkatan mereka kelelahan.

Baca juga : Selain TPPU, KPK Juga Jerat Hasbi Hasan Sebagai Tersangka Suap

Lilik juga mengingatkan suhu panas di Arab Saudi. Saat musim haji tahun ini, Saudi masih ada di musim panas, dengan suku mencapai 40 derajat celsius. Bahkan, di musim haji tahun lalu mencapai 50 derajat celsius.

"Makanya, orang Arab itu nggak pernah keluar kalau siang. Di tahap itu, nggak beraktivitas di luar. Makanya, kalau salat ya di masjid yang dekat hotel saja," ujarnya.

Baca juga : Layanan Kemudahaan Keimigrasian Jemaah Haji Bakal Hadir Di Solo Dan Surabaya

Kalau jemaah haji Indonesia ingin beraktivitas di luar ruangan, disarankan memakai pelindung diri seperti topi, masker, dan kaca mata.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.