Dark/Light Mode

Ikut Podcast CurioUS, Dubes Kim Curcor Soal Kehidupan Diplomat Hingga Hobi

Minggu, 5 Desember 2021 20:53 WIB
Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim (Foto: Reuters)
Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Yong Kim berbagi cerita bersama Kepala Humas Konsulat Jenderal AS di Surabaya Angie Mizeur dalam serial video podcast bertajuk "CurioUS". Dalam podcast yang tayang Minggu (5/12), Dubes Kim berbagi cerita mulai dari hobi, kehidupannya sebagai diplomat, hingga pengalamannya sejak ditunjuk sebagai perwakilan Paman Sam untuk Indonesia.

"Saya merasa sangat terhormat bisa menjabat sebagai Duta Besar AS untuk negara yang sangat luar biasa seperti Indonesia," kata Dubes Kim, seperti dalam tayangan kanal YouTube Konsulat Jenderal AS di Surabaya.

CurioUS adalah serial video podcast dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya yang menyajikan perbincangan secara jujur dan terbuka tentang kehidupan para diplomat AS.

Baca juga : Imigrasi Buka Suara Soal Tuduhan Aniaya Diplomat Nigeria

Menurut Dubes Kim, hubungan AS-Indonesia penting bagi kedua negara. Untuk itu, ia berharap hubungan kedua negara diperdalam, baik dalam kemitraan ekonomi maupun kemitraan strategis lainnya. "Saya senang bisa bekerja di sini," katanya.

Dubes Kim lalu memaparkan bidang kerja sama khusus antara AS dan Indonesia, termasuk dalam bidang perdagangan, investasi, keamanan, perubahan iklim, dan penanganan pandemi Covid-19 global. "Saya bersyukur AS telah memimpin dalam penanganan pandemi. AS adalah kontributor terbesar dalam upaya penyediaan vaksin COVAX," ujarnya.

Selain berbicara mengenai kemitraan diplomatik AS-Indonesia, Dubes Kim juga bercerita mengenai sisi pribadinya. "Dalam episode ini, penonton dapat mengetahui mengapa beliau memilih menjadi diplomat, hobi yang disukai Dubes Kim, bagaimana kehidupan keluarganya, serta koleksi kameranya yang luar biasa," kata Kepala Humas Konsulat Jenderal AS di Surabaya Angie Mizeur.

Baca juga : Si Penangkal Corona Dikawal Ketat Di Darat, Laut Hingga Udara

Angie Mizeur yakin, penonton akan terkejut mendengar siapa grup musik kesukaan Dubes Kim. "Anda juga bisa mendapatkan hadiah jika mengajukan pertanyaan terbaik di kolom komentar," katanya.

Dubes Kim menjabat sebagai Dubes AS untuk Indonesia sejak Oktober 2020. Pada Mei 2021, Presiden AS Joe Biden mengangkat Dubes Kim untuk merangkap sebagai Utusan Khusus AS untuk Korea Utara. Dia juga menjabat sebagai penjabat Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik pada Januari-Juni 2021.

Sebelumnya, Kim menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Korea Selatan (2011-2014), Duta Besar AS untuk Filipina (2016-2020), dan Perwakilan Khusus untuk Kebijakan Korea Utara di Washington selama masa jabatannya di Korea Selatan dan Filipina. Sebelum bergabung dengan dinas diplomatik, Kim bekerja sebagai jaksa di Los Angeles, California.

Baca juga : Virus Corona Sudah Dianggap Biasa-biasa Aja

Dubes Kim lahir di Seoul, Korea Selatan, tapi besar di Los Angeles, AS. Dia belajar di University of Pennsylvania (BA), Loyola University (JD), London School of Economics (LLM), dan telah menerima gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea dan Holy Name University of the Philippines. Dubes Kim sudah menikah dan memiliki dua orang putri. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.