Dark/Light Mode

Tinggalkan Australia, Djokovic Terbang Naik Emirates

Minggu, 16 Januari 2022 20:12 WIB
Superstar tenis asal Serbia Novak Djokovic di Melbourne Airport, Minggu (16/1). Djokovic meninggalkan Negeri Kanguru, setelah bandingnya ditolak Pengadilan Federal Australia. (Foto: Reuters)
Superstar tenis asal Serbia Novak Djokovic di Melbourne Airport, Minggu (16/1). Djokovic meninggalkan Negeri Kanguru, setelah bandingnya ditolak Pengadilan Federal Australia. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Superstar tenis asal Serbia Novak Djokovic akhirnya terbang meninggalkan Australia, naik pesawat Emirates menuju Dubai. Beberapa jam setelah bandingnya dalam kasus sengketa visa ditolak Pengadilan Federal Australia, Minggu (16/1).

Ke mana tujuan akhir Djokovic, masih belum diketahui.

Kepergian itu mengakhiri drama selama berhari-hari, apakah mungkin, Djokovic yang tidak divaksinasi Covid-19, dapat diterima di Australia di bawah pengecualian medis.

Baca juga : Banding Ditolak, Djokovic Siap-siap Pulang Kampung

Djokovic pun mengubur harapannya menjadi juara bertahan Australian Open dan mencetak rekor Grand Slam ke-21. 

Ambil Pelajaran

Asosiasi Tenis Profesional (ATP) menggambarkan keputusan pemerintah Australia untuk menegakkan pembatalan visa Novak Djokovic, sebagai akhir dari serangkaian peristiwa yang sangat disesalkan.

Baca juga : Australian Open Jadwalkan Djokovic Tampil Besok Malam

ATP menyebut, absennya Djokovic dari Australian Open merupakan kerugian bagi jagat tenis.

"Pada akhirnya, keputusan otoritas hukum mengenai masalah kesehatan masyarakat harus dihormati. Lebih banyak waktu diperlukan, untuk mengambil fakta dan mengambil pelajaran dari situasi ini," kata ATP dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNN, Minggu (16/1).

Terlepas dari alur kasus sengketa visa ini, ATP memandang Djokovic sebagai salah satu juara terbesar dalam cabang olahraga tenis.

Baca juga : Tanpa Djoker, Nadal Diunggulkan

"Kami tahu, betapa bergejolaknya Djokovic dalam beberapa hari terakhir. Betapa dia ingin mempertahankan gelarnya di Melbourne. Kami berharap, dia baik-baik saja dan berharap bisa segera melihatnya kembali ke lapangan," papar ATP, yang mengaku sangat merekomendasikan vaksinasi kepada semua pemain. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.