Dark/Light Mode

Ukraina Memanas, KBRI Kiev: Suasana Masih Kondusif

Rabu, 23 Februari 2022 21:06 WIB
Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra. (Foto Twitter/Kemenkominfo)
Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra. (Foto Twitter/Kemenkominfo)

 Sebelumnya 
Krisis antara Ukraina dan Rusia semakin meningkat usai Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan wilayah yang dikuasai kelompok separatis, yaitu Donetsk dan Luhansk. Sebelum ada pengakuan Putin, pemimpin di kedua wilayah itu juga mengklaim mendapat serangan dari pasukan Ukraina. 

Warga Ukraina di Jepang menggelar unjuk rasa menentang aksi Rusia di Ukraina, dekat Kedutaan Besar Rusia di Tokyo, Jepang, Rabu, 23 Februari 2022. (Foto Reuters/Issei Kato)

Baca juga : Disebut Perang Ukraina Rusia Rabu, KBRI Kiev: WNI Aman, Kondisi Kondusif

Namun, Kiev membantah tuduhan tersebut. Sedangkan pihak Donetsk dan Luhansk meminta warga untuk menyeberang ke Rusia demi keamanan. Per Senin (21/2) sudah ada 61 ribu pengungsi dari Donbas di Rusia. Kelompok separatis di kedua wilayah itu dan pasukan Ukraina kerap bertempur usai Crimea masuk Rusia pada 2014. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.