Dark/Light Mode

Pasukan Respons NATO Tiba Di Romania, Mau Manas-manasin Rusia?

Selasa, 1 Maret 2022 22:14 WIB
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik utara (NATO) telah meningkatkan kehadirannya di Eropa Timur, Romania. Menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, NATO mengerahkan pasukannya itu untuk pertama kalinya dalam sejarah.

"Kami telah meningkatkan kehadiran kami di bagian timur aliansi dan hari ini kami, untuk pertama kalinya dalam sejarah, mengerahkan Pasukan Respons NATO," kata Stoltenberg pada konferensi pers bersama dengan Presiden Polandia Andrzej Duda, Selasa (1/3).

Baca juga : Pastikan WNI Selamat Keluar Dari Ukraina, Kemlu Gandeng Banyak Pihak

"Hari ini pasukan Prancis tiba di Rumania sebagai elemen utama pasukan ini," sambungnya, dilansir kantor berita Anadolu.

Kedatangan pasukan kedua anggota NATO itu terjadi ketika perang Rusia-Ukraina memasuki hari keenam pada Selasa. Dengan laporan terbaru menunjukkan bahwa pasukan Rusia memenuju Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Baca juga : Gejalanya Memang Ringan, Tapi Jangan Sepelekan Omicron

Kamis (24/2), NATO memutuskan mengaktifkan Pasukan Respons atau NATO Response Force (NRF). Ini pertama kalinya aliansi telah mengaktifkan kekuatan 40.000 tentara siap bertugas melalukan "pencegahan dan pertahanan".

Namun Stoltenberg  menekankan bahwa aliansi militer yang dibangun pada 1949 untuk menghadang serangan Uni Soviet terhadap negara non komunis di Eropa Barat, tidak akan menjadi bagian dari konflik.

Baca juga : Cek Penyaluran Bansos Di Pekanbaru, Muhadjir: Jangan Persulit Orang Susah!

"Jadi, NATO tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina atau pesawat ke wilayah udara Ukraina," tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.