Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska Sebut Rusia Pembunuh Massal

Rabu, 9 Maret 2022 17:16 WIB
Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska (Foto: Ukrainian Presidency)
Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska (Foto: Ukrainian Presidency)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska mengutuk aksi Rusia, yang telah melancarkan serangan ke negaranya sejak 24 Februari lalu.

Zelenska menyebut, Rusia telah melakukan pembunuhan massal terhadap warga sipil di Ukraina. Dia marah, karena anak-anak yang tak berdosa, menjadi korban pemboman.

"Ukraina ingin damai. Tapi, kami kami juga harus mempertahankan negara dan identitas kami," ungkap Zelenska, dalam surat terbuka berbahasa Inggris yang dipublikasikan situs resmi Presiden Ukraina, bertepatan dengan International Women's Day, Selasa(8/3).

Baca juga : Sikap Indonesia Sudah Pas

"Faktanya, pembunuhan massal warga sipil Ukraina telah terjadi. Anak-anak menjadi korban yang mengalami dampak luar biasa akibat serangan keji ini," imbuhnya seperti dikutip BBC.

Dia pun merinci nama anak-anak yang tewas dibom oleh Rusia.

Ada Alice, gadis cilik berusia 8 tahun yang meninggal di jalanan Okhtyrka, saat sang kakek berusaha melindunginya. Juga Polina dari Kiev, yang tewas dalam penembakan bersama orangtuanya.

Baca juga : Ibu Retno Dadah...Dadah...

Serta Arseniy yang berusia 14 tahun. Kepalanya terkena reruntuhan puing. Dia tidak dapat diselamatkan, karena ambulans terhalang situasi kebakaran hebat.

"Ketika Rusia mengatakan tidak ada perang melawan warga sipil, maka saya akan menyebut nama anak-anak yang tewas ini," tegas Zelenska.

Dia menambahkan, saat ini ada lusinan anak Ukraina yang lahir di tengah situasi konflik yang memprihatinkan, beberapa pekan terakhir.

Baca juga : Baru Nikah, Pasutri Ukraina Ini Langsung Angkat Senjata Lawan Rusia

"Jika kita tidak menghentikan Putin, yang mengancam akan memulai perang nuklir, tidak akan ada tempat aman di dunia bagi kita semua. Kita akan menang. Karena persatuan kita. Persatuan menuju cinta untuk Ukraina," pungkas Zelenska, yang hingga kini masih belum diketahui keberadaannya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.