Dark/Light Mode

Presiden Ukraina Titip Pesan

Dunia Harus Waspada, Putin Bisa Nekat Pakai Senjata Nuklir Atau Kimia

Sabtu, 16 April 2022 08:59 WIB
Presiden Rusia Volodymyr Zelensky (Foto: Facebook)
Presiden Rusia Volodymyr Zelensky (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Zelensky memaparkan, pejabat Ukraina memperkirakan sekitar 2.500 hingga 3.000 tentara Ukraina tewas dalam perang.

Dia pun lantas membandingkan angka tersebut dengan apa yang dikatakannya sebagai jumlah korban Rusia. Yang berkisar antara 19.000 hingga 20.000 (Rusia telah mengakui 1.351 korban militer).

Baca juga : Indonesia Harus Waspada, Kasus Covid Di Dunia Mulai Merangkak Naik

Zelensky juga menjelaskan, jumlah tentara Ukraina yang terluka telah mencapai angka 10 ribu. Sulit menyebut, berapa yang akan selamat. 

"Korban sipil lebih sulit dihitung. Sangat sulit untuk berbicara tentang warga sipil. Karena kami tidak tahu, berapa banyak warga tewas di kota-kota besar yang diblokir seperti Kherson, Berdyansk, Mariupol, dan Volnovakha," papar  Zelensky.

Baca juga : Anis Matta: Indonesia Harus Siapkan Skenario Atasi Dampak Ekonomi

Ditanya tentang video mengerikan yang dirilis minggu ini, yang menunjukkan kematian dan kehancuran di negaranya, termasuk seorang wanita Ukraina yang menemukan mayat putranya di dalam sumur, Zelensky mengaku pilu.

"Ini sangat menyakitkan bagi saya. Sebagai seorang ayah, saya tidak bisa menontonnya," ungkapnya.

Baca juga : Presiden Ukraina: Tuhan Nggak Bakal Maafkan Rusia

"Sebagai seorang presiden, saya harus menyaksikan betapa banyak orang yang telah meninggal dan kehilangan orang yang mereka cintai. Sementara ada jutaan orang yang ingin hidup," pungkas Zelensky. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.