Dark/Light Mode

Punya 2 Menteri Perempuan Terbaik Dunia, Menlu Arab Saudi Bilang Jokowi Beruntung

Sabtu, 29 Juni 2019 11:14 WIB
Presiden Jokowi saat berbincang dengan Menteri Energi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela KTT G20, Osaka, Jepang, Jumat (28/6). (Foto: Humas Setkab)
Presiden Jokowi saat berbincang dengan Menteri Energi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela KTT G20, Osaka, Jepang, Jumat (28/6). (Foto: Humas Setkab)

 Sebelumnya 
Sepak terjang Retno di dunia internasional memang tak bisa dipandang sebelah mata. Alumnus UGM kelahiran Semarang ini, sedikitnya tercatat menerima empat penghargaan internasional.

Pertama, Order of Merit dari pemerintah Norwegia pada Desember 2011. Order of Merit merupakan penghargaan dari Raja Norwegia untuk orang asing, warga Norwegia yang tinggal di luar negeri, diplomat, pegawai negeri asing di Norwegia, dan konsul kehormatan Norwegia. Terdapat lima jenjang dalam penghargaan itu. Tak tanggung-tanggung, Retno yang pernah menjabat Duta Besar Norwegia dan Islandia ini, dianugerahi 'pangkat' Grand Officer-the Second Highest Decoration, sebuah jenjang yang sangat tinggi dalam urutan Order of Merit.

Kedua, medali Ridder Grootkruis in de Orde van Oranje-Nassau. Medali yang diserahkan langsung oleh Raja Belanda, Willem-Alexander der Nederlanden pada 12 Januari 2015, diberikan karena Retno dinilai sukses meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Belanda.

Baca juga : Petemuan Kementerian Pemuda Dunia Hasilkan Deklarasi Lisboa +21

Ketiga, penghargaan 'Agen Perubahan' dari United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women). UN Women adalah lembaga PBB yang bertugas memajukan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan.

Keempat, penghargaan El Sol del Peru yang artinya Matahari Peru, dengan peringkat Grand Cross. Penghargaan yang diberikan pada 23 Mei 2018 itu diberikan, karena Retno dianggap berhasil meningkatkan kerja sama bilateral Indonesia-Peru. Termasuk, membentuk dialog bilateral kedua negara tersebut.

Hebatnya lagi, alumni Haagse Hogeschool Belanda ini menjadi orang Indonesia pertama yang dianugerahi penghargaan ini.

Baca juga : Pengamat: Perempuan Indonesia Rentan Jadi Target Radikalisasi

Sementara Sri Mulyani, telah tiga kali menerima penghargaan Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik versi majalah keuangan Finance Asia pada 2017, 2018, dan 2019.

Sebelumnya, Ani dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets.

Alumnus Universitas Indonesia ini juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh di dunia urutan ke-23 di dunia versi majalah Forbes pada tahun 2008, dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia edisi Oktober 2007. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.