Dark/Light Mode

Jurnalis Karang Berita, Media Ternama AS Hapus 23 Artikel

Jumat, 17 Juni 2022 13:22 WIB
USA Today merilis daftar artikel yang dihapus yang ditulis reporter Gabriela Miranda antara musim semi 2021 dan musim semi tahun ini. (Foto AP/Steven Senne)
USA Today merilis daftar artikel yang dihapus yang ditulis reporter Gabriela Miranda antara musim semi 2021 dan musim semi tahun ini. (Foto AP/Steven Senne)

RM.id  Rakyat Merdeka - Media ternama asal Amerika, USA Today, menghapus 23 artikel berita dari situs web. Langkah tersebut menyusul temuan hasil audit bahwa reporter surat kabar itu, Gabriela Miranda, diduga telah mengarang nama orang dan kutipan dalam sejumlah artikelnya.

Hasil audit mengungkapkan, beberapa individu yang dikutip Miranda tidak berafiliasi dengan organisasi yang diklaim dalam berita dan tampak dibuat-buat. Keberadaan individu lain yang dikutip juga tidak dapat diverifikasi secara independen.

Baca juga : Habiskan Energi, Perseteruan Sesama Tokoh Batak Harus Segera Diakhiri

“Setelah menerima permintaan koreksi dari pihak luar, USA Today mengaudit pekerjaan reportase Gabriela Miranda,” dikutip dari New York Times, Kamis (16/6).

“Selain itu, beberapa cerita menyertakan kutipan yang seharusnya dikreditkan kepada orang lain.”

Baca juga : Diresmikan Sri Sultan, Tokopedia Care Hadir Di Yogyakarta

Menurut media cetak Amerika Serikat itu, Miranda mengundurkan diri setelah 23 artikel dihapus karena tidak memenuhi standar editorial. Artikel terakhirnya terbit 17 April lalu. 

USA Today berjanji untuk memperketat lagi kebijakan pelaporan dan pengeditannya. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan proses bagi mereka yang ingin mengajukan keluhan atau meminta koreksi berita, serta memastikan bahwa wartawan mengambil langkah-langkah untuk memverifikasi semua sumber dan informasi.

Baca juga : Pertama, Muslimah Jadi Menteri Di Australia

Surat kabar itu juga akan menerapkan pengawasan tambahan terhadap sumber-sumber yang ditemukan melalui media sosial atau sarana online lainnya.

Artikel Miranda yang dihapus antara lain berita tentang larangan aborsi di Texas, reaksi wanita di Ukraina terhadap invasi Rusia, dan topik-topik kesehatan. Salah satu beritanya yang dihapus berjudul This is my land, I stay: These Ukrainian women are among thousands choosing to fight, not flee.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.