Dark/Light Mode

Pertama Kali Setelah Kematian Khashoggi

MBS Ke Turki, Bantu Erdogan Jelang Pemilu

Kamis, 23 Juni 2022 00:08 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan, Ankara, Turki. (Reuters/Umit Bektas)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan, Ankara, Turki. (Reuters/Umit Bektas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tiba di Turki, Rabu (22/6), untuk pertama kali setelah pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2018.

Kunjungan tersebut upaya MBS untuk merehabilitasi citranya di luar Negara Teluk. Ia datang ketika Presiden Tayyip Erdogan mencari dukungan keuangan yang dapat membantu meringankan ekonomi Turki menjelang pemilihan presiden.

Baca juga : Ganjarist Klaim Sejumlah Relawan Jokowi Kasih Dukungan Buat Ganjar Di 2024

"Kunjungan itu diharapkan membawa normalisasi hubungan. Era baru akan dimulai," kata seorang pejabat senior Turki kepada Reuters tanpa menyebut nama. 

Erdogan menyambut Pangeran Mohammed di Istana Kepresidenan Ankara dengan upacara militer. Keduanya berjabat tangan dan berpelukan, sebelum bertemu dengan anggota kabinet Turki. Tidak ada pernyataan publik yang dijadwalkan setelah pembicaraan mereka.

Baca juga : Hari Kebangkitan Nasional, Momentum Bangun Gerakan Lawan Intoleransi

Pejabat Turki mengatakan, kedua negara telah mencabut pembatasan perdagangan, penerbangan dan pemutaran serial TV. Liputan media yang saling negatif juga dihentikan. Perjanjian tentang energi, ekonomi dan keamanan akan ditandatangani selama kunjungan tersebut.

Sementara Saudi berencana berinvestasi dalam pasar modal Turki yang dapat membantu memulihkan cadangan devisa Turki yang berkurang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.