Dark/Light Mode

Pertama Kali Setelah Kematian Khashoggi

MBS Ke Turki, Bantu Erdogan Jelang Pemilu

Kamis, 23 Juni 2022 00:08 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan, Ankara, Turki. (Reuters/Umit Bektas)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan, Ankara, Turki. (Reuters/Umit Bektas)

 Sebelumnya 
Ini merupakan lawatan MBS pertama ke Turki sejak tragedi pembunuhan jurnalis keturunan Saudi, Jamal Khashoggi. Ia tewas dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2018. Sejak itu, relasi Turki dan Saudi merenggang lantaran MBS dituding dalang pembunuhan itu.

Erdogan secara tidak langsung menuduh MBS memerintahkan agen-agen intelijen Saudi membunuh Khashoggi. Namun, MBS membantah terlibat dalam insiden tersebut.

Baca juga : Ganjarist Klaim Sejumlah Relawan Jokowi Kasih Dukungan Buat Ganjar Di 2024

Khashoggi, kolumnis harian Washington Post dan pengritik Pangeran Mohammed bin Salman, terakhir kali terlihat memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018 guna memperoleh dokumen-dokumen untuk menikahi tunangannya, Hatice Cengiz.

Seorang penyelidik PBB menyimpulkan Khashoggi "dibantai secara brutal" dan tubuhnya dimutilasi oleh sebuah tim berisi 15 agen Saudi yang dikirim dari Riyadh. Sang penyelidik membuat kesimpulan itu setelah mengumpulkan bukti-bukti, antara lain rekaman audio percakapan di dalam konsulat yang didapatkan intelijen Turki.

Baca juga : Hari Kebangkitan Nasional, Momentum Bangun Gerakan Lawan Intoleransi

Turki sedang berupaya meningkatkan nilai perdagangan, investasi, dan bantuan guna menangani krisis ekonomi yang memburuk.

Dalam upayanya itu, Turki juga tengah memperbaiki hubungan dengan Uni Emirat Arab, Mesir, dan Israel setelah bertahun-tahun mengalami ketegangan. 

Baca juga : Pertama Di Indonesia, Kementan Inisiasi Food Estate Mangga Di Gresik

Selain ke Turki, MBS juga akan menyambangi Yordania dan Mesir dalam tur Timur Tengah. Bulan depan, dia pun akan bertemu Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.