Dewan Pers

Dark/Light Mode

Australia Siapkan Rp 51,9 Miliar, Dukung RI Perangi PMK

Rabu, 27 Juli 2022 06:09 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sambut kedatangan Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022.(Foto Dok Humas Kementan)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sambut kedatangan Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022.(Foto Dok Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Australia menyiapkan dana sebesar 5 juta dolar Australia (sekitar Rp 51,97 miliar) bagi Indonesia, Timor-Leste, dan Papua Nugini untuk membantu menangani penyakit mulut dan kuku (PMK) serta LSD (lumpy skin disease).

“Ini adalah paket yang berupaya membantu tetangga kami dari ancaman saat ini di luar negeri, sambil menjaga perbatasan kita tetap kuat,” kata Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Australia Murray Watt dalam keterangan Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Jumat (22/7).

Berita Terkait : Erick: Kerja Sama Pertanian RI-China Dukung Kesejahteraan Petani

Dana dukungan lima juta dolar Australia tersebut, merupakan bagian dari paket dana 14 juta dolar Australia (sekitar Rp 145,6 miliar) yang disiapkan Australia sebagai dana perlindungan biosekuriti. 

Keterangan itu menyebutkan, dana Rp 51,9 miliar tersebut dipergunakan untuk menyediakan keahlian teknis serta dukungan bagi Indonesia, Timor-Leste, dan Papua Nugini, guna membantu ketiga negara dalam memerangi PMK dan LSD. Termasuk dukungan personel dan logistik untuk distribusi vaksin, bersamaan dengan pengujian dan pekerjaan epidemiologis.

Berita Terkait : Kasal Australia Prioritaskan Kunjungi Indonesia

Sedangkan paket 9 juta dolar Australia untuk melindungi Australia dari risiko yang ditimbulkan PMK dan LSD. Ini termasuk 18 petugas biosekuriti baru di bandara dan tempat surat masuk maupun keluar diproses, dan kegiatan diagnostik dan pengawasan yang ditargetkan untuk PMK dan LSD

Sebelumnya, Australia juga mengatakan akan mengirimkan satu juta vaksin ke Indonesia untuk membantu mengurangi penyebaran PMK pada hewan ternak. Menurut Watt, vaksin tersebut sudah sampai awal Agustus ini. 

Berita Terkait : Indonesia Dan Malaysia Cari Solusi Penempatan PMI

Dia berharap pemerintah Indonesia dapat mendistribusikan vaksin tersebut ke berbagai wilayah untuk melindungi hewan ternak.***