Dark/Light Mode

Dunia Salahkan Rusia Jajah Ukraina

Eh, China Tuding AS Biang Kerok

Jumat, 12 Agustus 2022 08:05 WIB
Duta Besar China untuk Rusia Zhang Hanhui.(Foto Tass)
Duta Besar China untuk Rusia Zhang Hanhui.(Foto Tass)

 Sebelumnya 
Dalam wawancara tersebut, Zhang mengatakan, hubungan China-Rusia telah memasuki periode terbaik dalam sejarah.

“Itu ditandai dengan tingkat saling percaya tertinggi, tingkat interaksi tertinggi, dan kepentingan strategis terbesar,” ungkapnya.

Baca juga : Dilanda Banjir Bandang Dahsyat, Korsel Tuding Korut Biang Keroknya

Rusia menyebut, invasi ke wilayah utara Ukraina sebagai “operasi militer khusus” untuk menjaga keamanan keamanan dan melindungi penutur bahasa Rusia dari penganiayaan.

Namun Ukraina dan Barat mengatakan, ini adalah dalih tak berdasar Rusia untuk melakukan perang gaya kekaisaran, terhadap tetangganya yang memperoleh kemerdekaan ketika Uni Soviet bubar pada 1991.

Baca juga : Erick: Jangan Sampai, Kita Tertinggal Dan Menyesal

Zhang juga tidak lupa mengecam kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pekan lalu ke Taiwan dan mengatakan, AS sedang mencoba menerapkan taktik yang sama di Ukraina dan Taiwan untuk menghidupkan kembali mentalitas Perang Dingin. Yakni AS ingin menahan China dan Rusia, serta memprovokasi persaingan dan konfrontasi kekuatan besar. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.