Dark/Light Mode

Forum Bisnis Indo-Pasifik Genjot Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Jumat, 13 Januari 2023 16:31 WIB
Amerika Serikat dan Jepang menjadi tuan rumah bersama Forum Bisnis Indo-Pasifik kelima, 12 Januari 2023, di Tokyo, Jepang. (Foto US Embassy)
Amerika Serikat dan Jepang menjadi tuan rumah bersama Forum Bisnis Indo-Pasifik kelima, 12 Januari 2023, di Tokyo, Jepang. (Foto US Embassy)

 Sebelumnya 
Chief Executive Officer (CEO) International Development Finance Corporation (DFC) AS Scott Nathan, dalam sambutannya​, mengatakan, indo-Pasifik adalah prioritas utama dan inti DFC.

"Kami memiliki komitmen aktif senilai lebih dari 6,6 miliar dolar AS di seluruh kawasan. Dan dalam setahun terakhir ini saja, komitmen kami senilai lebih dari dua miliar dolar dalam hampir 50 transaksi beragam yang memperkuat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di berbagai sektor," terang Nathan.

Baca juga : Perppu Ciptaker Genjot Investasi, Ekonom: Optimalkan Sektor Strategis

Dengan tema “pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan”, IPBF 2023 menyediakan kesempatan untuk membahas ambisi bersama untuk Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity atau IPEF), serta prioritas Amerika Serikat saat menjadi tuan rumah APEC, dan Jepang saat memangku Presidensi G7.

Forum ini juga memberikan kesempatan untuk menyoroti peran AS yang berkelanjutan dengan para mitra dalam bidang ekonomi. Mulai dari investasi infrastruktur hingga perubahan iklim hingga teknologi penting melalui mekanisme seperti Indo-Pacific Quad dengan mitra regional yaitu Australia, India, dan Jepang.

Baca juga : Kemenag Janjikan Biaya Haji Berkeadilan dan Berkelanjutan

IPBF diikuti lebih dari 140 pemimpin bisnis dan pemerintah yang hadir langsung serta 100 orang yang hadir secara virtual dari Amerika Serikat, Jepang, negara perekonomian di kawasan Indo-Pasifik, dan negara-negara lainnya.

IPEF diluncurkan AS pada Mei 2022, bermitra dengan Australia, Brunei Darussalam, Fiji, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.