Dark/Light Mode

Forum Bisnis Indo-Pasifik Genjot Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Jumat, 13 Januari 2023 16:31 WIB
Amerika Serikat dan Jepang menjadi tuan rumah bersama Forum Bisnis Indo-Pasifik kelima, 12 Januari 2023, di Tokyo, Jepang. (Foto US Embassy)
Amerika Serikat dan Jepang menjadi tuan rumah bersama Forum Bisnis Indo-Pasifik kelima, 12 Januari 2023, di Tokyo, Jepang. (Foto US Embassy)

 Sebelumnya 
Di akhir IPBF 2023, Direktur Badan Perdagangan dan Pembangunan AS (USTDA) Enoh Ebong dan Pejabat Senior AS untuk Biro Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) Urusan Asia Timur dan Pasifik Matt Murray mengadakan konferensi pers dengan sejumlah wartawan di wilayah Indo-Pasifik.

Sebelumnya, USTDA mengumumkan dua kesempatan proposal pendanaan (call for proposal). Proposal pertama untuk kegiatan infrastruktur yang mendukung pilar IPEF guna memajukan infrastruktur digital, mempromosikan energi bersih, dan memperkuat rantai pasokan.

Baca juga : Perppu Ciptaker Genjot Investasi, Ekonom: Optimalkan Sektor Strategis

Proposal kedua untuk memperluas “portfolio” USTDA di negara-negara Kepulauan Pasifik. Selain itu, Tim Akselerator Infrastruktur IPEF akan bekerja lintas lembaga Pemerintah AS dan mitra serupa IPEF guna mengidentifikasi dan menentukan proyek-proyek yang memenuhi syarat untuk mengakses produk perbankan yang akan membuka pembiayaan publik dan swasta baru.

Tim Akselerator Infrastruktur IPEF akan mengunjungi India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Fiji, dan Vietnam.

Baca juga : Kemenag Janjikan Biaya Haji Berkeadilan dan Berkelanjutan

Selain itu, USTDA dan GE Healthcare akan bersama-sama mendanai proyek percontohan untuk membantu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam mengembangkan pusat penyimpanan data dan citra nasional, menciptakan sarana penyimpanan terpusat berbasis komputasi awan (cloud-based) yang baru.

Langkah itu guna menyimpan rekam medis elektronik, serta jaringan model hub-and-spoke untuk menghubungkan dokter umum di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dengan ahli jantung di rumah sakit pusat.***

Baca juga : Moeldoko Pede Bandara Dhoho Kediri Tumbuhkan Daerah Ekonomi Baru

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.