Dark/Light Mode

25 Januari, Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru, Gantikan Jacinda Ardern

Minggu, 22 Januari 2023 11:03 WIB
Chris Hipkins (kanan), dilantik menjadi PM Selandia Baru pada 25 Januari 2024. (Foto: Instagram)
Chris Hipkins (kanan), dilantik menjadi PM Selandia Baru pada 25 Januari 2024. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh yang berkuasa di Selandia Baru akhirnya memilih Chris Hipkins (44), untuk menggantikan Jacinda Kate Laurell Ardern (42) sebagai pemimpin baru dan perdana menteri ke-41 di Negeri Kiwi 

Hipkins adalah satu-satunya kandidat kuat pengganti Ardern, yang terkonfirmasi oleh 64 anggota parlemen, kaukus Partai Buruh. 

Sebelumnya, pada Kamis (19/1), Ardern mengumumkan mundur, karena merasa kehabisan tangki untuk memimpin negara.  

 

Chris Hipkins (kanan) dan Jacinda Ardern (kiri). (Foto: AFP via CNA)

Baca juga : Chris Hipkins Bakal PM Selandia Baru Pengganti Ardern

 

"Ini adalah keistimewaan dan tanggung jawab terbesar dalam hidup saya. Saya bersemangat menghadapi tantangan di depan," kata Hipkins seperti dikutip Reuters, Minggu (22/1).

Dia telah menunjuk Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menteri.

Sepuloni menjadi wakil perdana menteri pertama Selandia Baru yang berasal dari Pasifik.

Baca juga : Jacinda Ardern Bersiap Married

Hipkins yang akrab disapa "Chippy", sukses membangun reputasi atas kompetensinya dalam menangani Covid-19. Dialah tangan kanan utama Ardern, di tengah situasi pandemi yang memusingkan.

Hipkins pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2008. Juli 2020, dia diangkat menjadi Menteri Kesehatan. Akhir 2020, Menteri Tanggap Covid-19.

Sepuloni (46) adalah blasteran Eropa Samoa, Tonga, dan Selandia Baru dan tinggal di Auckland. Dia memegang sejumlah portofolio, termasuk pengembangan sosial dan ketenagakerjaan dan seni, budaya dan warisan.

Sebelum Hipkins menjadi perdana menteri, Ardern akan mengajukan pengunduran dirinya kepada perwakilan Raja Charles di Selandia Baru, Gubernur Jenderal Cindy Kiro.

Baca juga : PM New Zealand Jacinda Ardern Mundur

Sementara pelantikan Hipkins, akan dihelat pada Rabu 25 Januari 2023. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.