Dark/Light Mode

Negara-negara Arab Kutuk Pembakaran Al Quran Di Swedia

Kemlu: Aksi Ini Menodai Toleransi Umat Beragama

Senin, 23 Januari 2023 06:45 WIB
Unjuk rasa memprotes Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, Sabtu, 21 Januari 2022, dihebohkan dengan pembakaran Al Quran.
Unjuk rasa memprotes Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, Sabtu, 21 Januari 2022, dihebohkan dengan pembakaran Al Quran.

 Sebelumnya 
Kementerian Luar Negeri Arab Saudi juga tidak ketinggalan. Riyadh menyerukan untuk menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi dan hidup berdampingan, serta menolak kebencian dan ekstremisme.

Uni Emirat Arab ikut menentang semua praktik yang ditujukan untuk mengacaukan keamanan dan stabilitas yang bertentangan dengan nilai dan prinsip manusia dan moral.

Baca juga : Sang Alang Pindah Ke Partai Demokrat

Qatar mengutuk izin otoritas Swedia membakar Al Quran, dan meminta masyarakat internasional menolak kebencian dan kekerasan. Atas aksi itu, Iran menyebutnya sebagai upaya untuk memicu kebencian dan kekerasan terhadap umat Islam.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan, meski ada penekanan kuat pada hak asasi manusia, orang Eropa terus melembagakan anti Islamisme dan Islamofobia dalam masyarakat mereka.

Baca juga : Ganjar Ajak Masyarakat Jateng Rawat Kerukunan-Toleransi Umat Beragama

“Beberapa negara Eropa dengan dalih palsu mengadvokasi kebebasan berbicara. Namun memungkinkan elemen ekstremis dan radikal untuk menyebarkan kebencian terhadap kesucian dan nilai-nilai Islam,” ucap Kanaani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.