Dark/Light Mode

AS-Jerman Siap Kirim Tank Dan Rudal Ke Ukraina

Banyak Senjata Canggih Bikin Perang Cepat Kelar

Jumat, 27 Januari 2023 05:22 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Ukrainian Presidential Press Service/EPA-EFE/Shutterstock)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Ukrainian Presidential Press Service/EPA-EFE/Shutterstock)

 Sebelumnya 
Presiden yang berlatarbelakang aktor komedi itu menegaskan, semakin banyak dukungan pertahanan yang diterima Ukraina, maka akan semakin cepat agresi Rusia akan berakhir. “Negara teroris harus kalah,” ujar Zelensky mencap Rusia.

Bahkan penasihat Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov, Yuriy Sak, menyatakan keyakinannya, Barat bakal mengirimkan jet tempur F-16 dan pesawat militer lainnya ke Ukraina.

Baca juga : Bapanas Stop Impor Beras Bulan Depan

Menanggapi permintaan Zelensky tersebut, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov memperingatkan, setiap senjata yang dikirim pihak asing di wilayah Ukraina akan menjadi target yang sah bagi pasukan Rusia.

Pemerintah AS telah mengumumkan pada Rabu (25/1) pagi waktu setempat, bahwa mereka akan mengirimkan 31 tank Abram untuk membantu Ukraina mengusir pasukan Rusia.

Baca juga : TASPEN Siap Tingkatkan Kualitas Layanan Call Center

Langkah serupa dilakukan Jerman yang akhirnya bersedia mengirim tank canggih Leopard ke Ukraina setelah sebelumnya sempat ogah-ogahan. Jerman setuju memasok tank tempur Leopard 2 ke Ukraina, menurut seorang sumber kepada kantor berita Jerman, Deutsche Presse-Agentur (DPA), Selasa (24/1).

Keputusan ini keluar setelah adanya tekanan selama beberapa minggu agar Berlin mau membantu Ukraina dengan kiriman senjata berat untuk memukul mundur pasukan Rusia.

Baca juga : Arahan Kapolri Di Apel Kasatwil: Tingkatkan Performa Hingga Cegah Polarisasi

Berlin juga memberikan izin kepada negara lain, seperti Polandia dan Finlandia, untuk mengekspor kembali tank buatan Jerman itu ke Ukraina. Pengumuman itu tentunya disambut gembira Pemerintah Ukraina, yang selama berbulan-bulan telah meminta tank-tank berat Barat untuk membantu pertempurannya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.