Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Asyik, Pengusaha Singapura Tertarik Nyawer Ke IKN

Jumat, 17 Maret 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi disambut Langsung PM Lee di Istana Kepresidenan Singapura. (EDGAR SU/POOL/AFP).
Presiden Jokowi disambut Langsung PM Lee di Istana Kepresidenan Singapura. (EDGAR SU/POOL/AFP).

 Sebelumnya 
PM Lee menyampaikan, pihaknya menantikan forum bersama investor Singapura yang sudah disiapkan pada Mei mendatang.

“Tunjukkan kepada mereka apa yang Nusantara tawarkan,” kata PM Lee, kepada Jokowi.

Harapannya, agar pengusaha Singapura nyawer di IKN. Selain itu, Pemerintah Singapura mendorong agar pengusaha dan perusahaan di negaranya berpartisipasi di proyek tersebut.

Baca juga : Wow, Ada 20 Investor Singapura Tertarik Tanam Cuan Di IKN

PM Lee mendukung visi Jokowi di IKN ini. Bahkan, salah satu MoU yang disepakati kedua negara juga mengatur kerja sama pertukaran pengetahuan, pembangunan kapasitas, dan riset untuk mendukung pembangunan IKN sebagai kota pintar dan berkelanjutan.

Diakui Jokowi, banyak kemajuan yang telah dilakukan sejak pertemuannya dengan PM Lee di Bintan, Januari 2022 silam. Investasi Singapura ke Indonesia naik 40 persen. Begitu juga volume perdagangan, meningkat 25 persen.

Di bidang politik, hukum, dan keamanan, ratifikasi tiga perjanjian telah diselesaikan. Yakni, persetujuan Flight Information Region (FIR), perjanjian ekstradisi, dan perjanjian kerja sama pertahanan.

Baca juga : KPK Cegah Dirut TransJakarta Kuncoro Wibowo Ke LN

Untuk memperkuat implementasi tiga perjanjian tersebut, Jokowi dan PM Lee segera melakukan beberapa hal. Yakni memperbarui MoU antarkejaksaan, menyelesaikan MoU antarkepolisian untuk memberantas kejahatan lintas batas, kemudian membentuk defense cooperation committee dan membuat aturan teknis pelaksanaan perjanjian FIR, pertahanan dan ekstradisi.

“Di dalam kaitan ini, saya menyambut baik reaktivasi patroli laut bersama untuk memperkuat keamanan maritim kedua negara dan penguatan kapasitas penanganan bencana, dan upaya pencarian dan pertolongan,” kata Jokowi.

Ia juga menyambut baik beberapa hasil Leaders’ Retreat. Setidaknya, ada lima poin penting. Pertama, besarnya minat investor Singapura dalam pembangunan IKN Nusantara. Kedua, kesepakatan meningkatkan investasi di bidang energi baru terbarukan, yang antara lain akan digunakan untuk pemenuhan energi kedua negara.

Baca juga : Presiden Saksikan Penyerahan Pesawat Pertama Super Hercules TNI AU

Ketiga, kerja sama di bidang digital, informasi, dan data centre, dan kerja sama pengembangan SDM di bidang teknologi informasi.

“Dan, saat ini terdapat Apple Academy dan IBM Academy di Batam,” kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Poin keempat, di bidang perdagangan mulai masuknya produk peternakan Indonesia untuk memasok kebutuhan ayam di Singapura. Kelima, penguatan pelayanan kesehatan dasar dan teknologi kesehatan, serta investasi pengembangan rumah sakit di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.