Dark/Light Mode

Wow, Perusahaan Indonesia-Ceko Garap Rudal Pertahanan Udara

Rabu, 19 April 2023 21:36 WIB
Presiden Joko Widodo mengajak Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala, berkeliling Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. (Foto BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo mengajak Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala, berkeliling Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. (Foto BPMI Setpres/Rusman)

 Sebelumnya 
Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kunjungan PM Ceko.

“Kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan persnya.

Baca juga : Komisi VII DPR: Divestasi Vale Indonesia, Wujud Pelaksanaan Konstitusi

“Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta tentang ASEAN dan Indo Pasifik,” ucap Jokowi.

Di momen tersebut,  Jokowi menyampaikan sejumlah isu terkait beberapa regulasi Uni Eropa yang dinilai diskriminatif. Selain itu, Presiden juga menekankan pentingnya mendorong percepatan penyelesaian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Baca juga : Berkat Green Loan Proyek Ketenagalistrikan Di Indonesia Timur, PLN Raih Penghargaan Dari ADB

“Kami juga sepakat menjajaki kerja sama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building,” ungkap Presiden.

Tidak lupa, Presiden Jokowi mengundang Republik Ceko untuk turut serta melakukan investasi pada pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Baca juga : Pertama Di Indonesia, airasia ride Luncurkan Inovasi Fitur Pemesanan Terjadwal Antar Negara

Presiden dan PM Fiala juga membahas terkait rencana penyelenggaraan ASEAN Indo Pacific Infrastructure Forum yang akan berlangsung September mendatang.

“Sebagai penutup, saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Fiala atas pertemuan yang produktif ini,” tutur Jokowi.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.