Dark/Light Mode

China Makin Garang

Jepang Merapat Ke NATO

Jumat, 12 Mei 2023 05:30 WIB
Markas NATO di Brussels, Belgia. (Foto Reuters)
Markas NATO di Brussels, Belgia. (Foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang merapat ke organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk mengantisipasi ketidakpastian keamanan dunia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Yoshimasa Hayashi, kepada Nikkei, Rabu (10/5), mengatakan pihaknya sudah memulai pembicaraan mengenai pembukaan kantor penghubung NATO pertama di Asia.

Baca juga : MotoGP, Marini Girang Balapan Panas

Kabar ini dibenarkan Duta Besar Jepang untuk Amerika Serikat Koji Tomita saat ditanyai jurnalis di Washington, kemarin.

“Kami memang sedang membahas ke arah sana,” ujarnya singkat.

Baca juga : Haaland Terdepan Dapat Sepatu Emas

Sementara itu, Menlu Hayashi menggambarkan konflik Rusia-Ukraina yang sudah melewati satu tahun membawa dampak dalam keamanan dan kestabilan ekonomi sosial di kawasan.

Ditambah lagi dengan langkah China yang makin garang dalam melindungi perairan Laut China Timur dan Taiwan, yang diang￾lgap cukup agresif oleh Jepang.

Baca juga : Arsenal-Man City Makin Ketat, Setan Merah Keok

“Alasan mengapa kami membahas tentang ini adalah karena sejak agresi Rusia ke Ukraina, dunia menjadi lebih tidak stabil,” katanya.

"Sesuatu yang terjadi di Eropa Timur tidak hanya terbatas pada masalah di Eropa Timur, dan itu memengaruhi secara langsung situasi di Pasifik ini. Itulah mengapa kerja sama antara kami di Asia Timur dan NATO (menjadi) semakin penting,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.