Dark/Light Mode

China Makin Garang

Jepang Merapat Ke NATO

Jumat, 12 Mei 2023 05:30 WIB
Markas NATO di Brussels, Belgia. (Foto Reuters)
Markas NATO di Brussels, Belgia. (Foto Reuters)

 Sebelumnya 
Dia menerangkan, Jepang bukan anggota NATO. Tetapi langkah tersebut mengirimkan pesan bahwa mitra blok Asia Pasifik itu terlibat dengan sangat mantap dengan NATO.

Dia menambahkan, NATO dan Jepang memiliki kerja sama jangka panjang. Pembukaan kantor penghubung NATO di Jepang akan menandai perkembangan yang signifikan bagi aliansi Barat. Ini kemungkinan akan menarik kritik dari Pemerintah China.

Baca juga : MotoGP, Marini Girang Balapan Panas

NATO memiliki kantor penghubung serupa di tempat lain termasuk Ukraina dan Wina. Kantor penghubung di Jepang akan memungkinkan diskusi dengan mitra keamanan NATO seperti Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Sebelumnya, Negeri Tirai Bambu sudah memperingatkan NATO mengenai niatan memperluas jangkauan ke Asia.

Baca juga : Haaland Terdepan Dapat Sepatu Emas

 “Asia adalah tanah yang menjanjikan untuk kerja sama dan sarang untuk pembangunan yang damai. Itu seharusnya tidak menjadi platform bagi mereka yang mencari pertarungan geopolitik,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning dikutip laman web Kemlu China.

“Dorongan dan campur tangan NATO di kawasan timur dalam masalah Asia Pasifik pasti akan merusak perdamaian dan stabilitas kawasan,” tuduh Mao.

Baca juga : Arsenal-Man City Makin Ketat, Setan Merah Keok

Meskipun Beijing telah mengklaim ketidakberpihakan dalam perang Ukraina dan tidak mengetahui niat Rusia sebelumnya, Beijing telah menolak untuk mengutuk tindakan Moskow. Sebaliknya, China menyalahkan NATO karena memprovokasi konflik tersebut.

Jepang bergerak lebih dekat ke NATO tidak hanya penting bagi Negeri Sakura. Tetapi untuk hubungan kawasan Asia-Pasifik dengan NATO.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.