Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ngintip Serambi Mekah Di Negeri Gajah Putih (2)

Ponpes Simpan 34 Al Quran Berusia Ratusan Tahun Dari Jawa

Rabu, 4 September 2019 13:24 WIB
Manuskrip pembuatan keris dan kisah perwayangan di tanah Jawa. (Foto Sarif Hidayat/Rakyat Merdeka)
Manuskrip pembuatan keris dan kisah perwayangan di tanah Jawa. (Foto Sarif Hidayat/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Thailand memiliki tiga provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Islam Wartawan Rakyat Merdeka, Sarif Hidayat mengunjunginya, baru-baru ini. Berikut laporannya:

Dari Masjid Wadi Al Husein, saya bergeser ke Pondok Pesantren (Ponpes) Ahmadiah Islamiah. Masih di Narathiwat. Saya diterima Ketua Yayasan museum ponpes tersebut Lutfee H Samea. Ponpes ini memiliki 600 siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA.

Baca juga : Kerabat Sunan Ampel Bangun Masjid Wadi Al Husein

Yang menarik, Ponpes ini, memiliki koleksi Al Quran berusia ratusan hingga ribuan tahun. Kitab suci umat muslim itu dikumpulkan dari masyarakat di wilayah Thailand Selatan. Al Quran Itu antara lain berasal dari Malaysia, Mesir, Arab Saudi, dan Indonesia. Al Quran itu terbuat dari berbagai macam jenis bahan mulai dari kayu dan kulit binatang.

"Al Quran dari Jawa ada sekitar 34 buah. Itu di bawa alim ulama dari Jawa yang datang ke Pattani," ugkap Lutfee pada Selasa (3/9).

Baca juga : 25 Tewas dalam Kebakaran Kapal di California

Untuk memastikan 34 Al Quran itu dari Jawa, Ponpes bekerja sama dengan peneliti Indonesia. Mereka bekerja di Taman Mini Indonesia Indonesia Indah (TMII) yang juga mengurusi manuskrip kuno. Alquran dari Indonesia tertua koleksi ponpesnya ditulis pada 1634. Penulisnya Syekh Nuruddin Mohammad Hamid Roniri. Dari penelusuran, beliau berasal dari Samudra Pasai.

Selain Al Quran, ponpes juga menyimpan banyak manuskrip antara lain tata cara pembuatan senjata keris dan kisah perwayangan di tanah Jawa. Manuskrip itu diperkirakan di bawa orang Jawa yang pindah tempat tinggal di Pattani. Untuk menjaga koleksinya, Ponpes mempekerjakan beberapa tenaga yang ahli dibidangnya. Mereka berasal dari Turki, Malaysia dan Thailand.

Baca juga : Bos Taksi Malaysia Berulah Lagi Ratusan Ojol Geruduk Kedubes

Saat ini, ponpes tengah membangun museum lebih besar untuk menyimpannya. Lokasinya taknjauh dari Ponpes. Pembangunan itu bantuan dari pemerintah Thailand. Diperkirakan pembangunannya selesai tahun depan.

Lutfee berharap pelestarian Al Quran kuno di museumnya dapat terus dilakukan oleh generasi muda Islam agar bisa menjadi bahan kajian dan pelajaran.[SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.