Dark/Light Mode

KBRI Jemput Bola Layani WNI Dan PMI di Kuala Belait, Brunei Darussalam

Senin, 12 Juni 2023 02:25 WIB
Pelayanan Kekonsuleran, Keimigrasian, dan Ketenagakerjaan di V-Plaza Hotel Kota Kuala Belait, Brunei Darussalam, tanggal 10-11 Juni 2023. (Foto: KBRI BSB)
Pelayanan Kekonsuleran, Keimigrasian, dan Ketenagakerjaan di V-Plaza Hotel Kota Kuala Belait, Brunei Darussalam, tanggal 10-11 Juni 2023. (Foto: KBRI BSB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 100 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) hadir di acara Pelayanan Kekonsuleran, Keimigrasian, dan Ketenagakerjaan. Acara ini berlangsung dari tanggal 10-11 Juni 2023, di V-Plaza Hotel Kota Kuala Belait, Brunei Darussalam.

Kuasa Usaha ad interim KBRI Bandar Seri Begawan (BSB) Irwan Iding mengatakan pelayanan ini dilakukan KBRI Bandar Seri Begawan (BSB) untuk membantu WNI dan PMI yang memerlukan pelayanan di bidang kekonsuleran, keimigrasian, maupun ketenagakerjaan. 

“Pelayanan terpadu semacam ini adalah upaya jemput bola yang kami lakukan untuk menjangkau WNI/PMI lebih luas lagi," kata Irwan Iding yang hadir untuk memantau pelayanan tersebut.

Baca juga : Perkuat Layanan Dan Produk, CIMB Niaga Raih 12 Award

Selain pelayanan terpadu, KBRI BSB juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi di bidang konsuler, hukum, dan ketenagakerjaan kepada WNI atau PMI.

Sosialisasi dibuka oleh Irwan Iding, Kuasa Usaha a.i. dan dilanjutkan diskusi dengan  narasumber adalah Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler, Atase Ketenagakerjaan KBRI BSB, Perwakilan Bank Rakyat Indonesia di Brunei dan pengacara dari Yusof Halim & Partner, firma hukum di Brunei yang menjadi mitra  KBRI BSB dalam menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan PMI.

“Sosialisasi ini sangat penting, terutama bagi teman-teman PMI agar memahami prosedur dan hukum yang berlaku di Brunei. Tujuannya agar tidak ada lagi teman-teman PMI yang terkena masalah hukum di Brunei ini”, tambah Irwan Iding.

Baca juga : DKI Jemput Bola Latih Warga Jadi Pengusaha

Kegiatan pelayanan terpadu di luar kota seperti ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh KBRI Bandar Seri Begawan. 

Upaya jemput bola ini sebutnya, sangat dirasa keuntungannya oleh WNI atau PMI yang tidak memiliki keleluasaan waktu untuk melakukan pengurusan dokumen ke KBRI Bandar Seri Begawan. 

“Kami yang jauh dari Bandar (Seri Begawan) ini sangat terbantu dengan adanya pelayanan seperti ini. Sebaiknya KBRI melakukannya tiga bulan sekali”, usul Rita, seorang PMI asal Kuala Belait.

Baca juga : OJK Lantik 22 Deputi Komisioner Dan Kepala Departemen, Ini Daftarnya

Kota Kuala Belait terletak sekitar 115 km sebelah barat dari Bandar Seri Begawan. Terdapat sebanyak 4.216 orang WNI dan PMI yang tinggal dan bekerja di Kuala Belait dan sekitarnya sebagai buruh, pekerja domestik, pelayan restoran, mekanik bengkel, pelaut, dan pekerja profesional di bidang migas.

Kegiatan pelayanan terpadu ini juga dimanfaatkan oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu) Brunei Darussalam dengan memberikan sosialisasi mengenai Pilpres dan Pileg yang akan diselenggarakan tanggal 14 Februari 2024. 

PPLN menghimbau WNI/PMI yang hadir untuk segera mendaftar sebagai peserta Pemilu, bagi yang belum, dan memutakhirkan datanya, bagi yang sudah mendaftar. Sementara Panwaslu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu yang luber dan jurdil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.