Dark/Light Mode

Dubes Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi

“2K” Mendekatkan Jepang Dan Sulawesi

Senin, 3 Juli 2023 08:00 WIB
Dubes Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi.
Dubes Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi.

 Sebelumnya 
Kerja sama lainnya, hasil perikanan Bitung serta Gorontalo diekspor ke Jepang. Dan warga Jepang juga antusias dalam meningkatkan budidaya mutiara di kawasan lain di Sulawesi. Selain itu, perusahaan Jepang juga membudidayakan kopi Toraja selama lebih dari 40 tahun, dan populer sebagai merek kopi ternama di Negeri Sakura.

Baca juga : Dubes AS Untuk Indonesia Sung Kim Hadirkan Putri Ariani Ke Perayaan Hari Kemerdekaan AS

Lebih lanjut, produksi hidrogen dari energi terbarukan (hidrogen hijau) dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Lahendong yang bekerja sama dengan Jepang, merupakan inisiatif mutakhir yang mendorong transisi energi di Indonesia.

Baca juga : Mengedepankan Kalimatun Sawa

Ketika saya bertemu dengan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Steven Kandouw, saya menerima patung tangkasi sebagai tanda mata. Tersebar di Garis Wallace dan merupakan jenis monyet langka di Indonesia, Wakil Gubernur mengatakan bahwa tangkasi tidak hanya dikenal sebagai primata terkecil di dunia, namun juga memiliki keunikan karena hanya punya satu pasangan saja seumur hidup. Saya merasa hal tersebut memiliki persamaan dengan kejujuran masyarakat Sulawesi terhadap pekerjaan yang saya rasakan selama kunjungan resmi ini.

Baca juga : Gelaran Budaya Indonesia Dan Pameran Batik Meriahkan HUT Ke-876 Kota Vologda Rusia

Sinergi seperti apakah yang akan tercipta secara luas di bidang ekonomi, budaya, pendidikan, dan lain-lain antara Jepang dan Sulawesi di masa mendatang? Saya berharap semoga huruf “K” yang melambangkan Pulau Sulawesi menjadi simbol “Kerja Sama (Kyoryoku)” dan Kibo (Harapan) antara Jepang dan Sulawesi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.