Dark/Light Mode

Dubes RI untuk Portugal Rudy Alfonso Bangga Adat Dayak Raih Gulbenkian Prize for Humanity

Selasa, 25 Juli 2023 07:26 WIB
Dubes Rudy Alfonso (kanan) berbincang dengan Apai Janggut (kedua kanan) dan Raymundus Remang (kiri) dan Yani Saloh usai pemberian penghargaan, Kamis (20/7) di Wisma Duta, Lisabon, Portugal. (Foto: Istimewa)
Dubes Rudy Alfonso (kanan) berbincang dengan Apai Janggut (kedua kanan) dan Raymundus Remang (kiri) dan Yani Saloh usai pemberian penghargaan, Kamis (20/7) di Wisma Duta, Lisabon, Portugal. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Masyarakat adat Dayak Iban Sungai Utik, Apai Janggut, berhasil mendapat penghargaan Gulbenkian Prize for Humanity ke-4 dari Yayasan Calouste Gulbenkian di Lisabon, Portugal, Rabu (19/7).

Penghargaan ini diberikan Presiden Yayasan Gulbenkian, Antonio Feijo dan Ketua Juri Gulbenkian Prize for Humanity, Angela Merkel. Acara pemberian penghargaan dihadiri Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa dan Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa.

Baca juga : Dibantu Korsel, NPC Indonesia Segera Bangun Pusat Latihan Cabor Disabilitas

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso, yang juga ikut menyaksikan pemberian penghargaan mengaku bangga dengan pencapaian Apai Janggut.

“Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi bagi mereka yang menunjukkan komitmen luar biasa terhadap aksi lokal dan gerakan berbasis masyarakat, yang men dukung perlindungan hutan dan restorasi ekosistem,” ujar Dubes Rudy, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/7).

Baca juga : Airlangga Temui Parlemen Dan Komisi Eropa, Selesaikan Urusan Sawit

Penghargaan ini membuktikan, bahwa hutan dapat memberi kan manfaat lebih ketika hidup daripada ditebang. aksi lokal Masyarakat adat Sungai utik dalam aksi mitigasi perubahan iklim memberikan manfaat tidak saja bagi masyarakat itu sendiri, tapi juga bagi negara dan dunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.