Dark/Light Mode

Tunjuk Dubes Untuk Palestina

Arab Saudi-Israel Segera Buka Hubungan Diplomatik?

Selasa, 15 Agustus 2023 04:51 WIB
Duta Besar Arab Saudi untuk Palestina Nayef Al-Sudairi kiri menyerahkan Surat Kepercayaan kepada penasihat diplomatik Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Majdi al-Khalidi, di Kedutaan Besar Palestina di Amman, Yordania, 12 Agustus 2023. (Foto Wafa)
Duta Besar Arab Saudi untuk Palestina Nayef Al-Sudairi kiri menyerahkan Surat Kepercayaan kepada penasihat diplomatik Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Majdi al-Khalidi, di Kedutaan Besar Palestina di Amman, Yordania, 12 Agustus 2023. (Foto Wafa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arab Saudi menunjuk Duta Besar (Dubes) untuk Palestina. Penunjukan itu dianggap sebagai bentuk komunikasi lain dari Saudi pada Israel, untuk menormalisasi hubungan.

Akhir pekan lalu, Saudi menunjuk Dubes untuk Yordania, Nayef Al-Sudairi yang berkedudukan di Amman, sebagai Dubes non-residen untuk Palestina. Itu merupakan penunjukan pertama Saudi bagi Palestina.

Baca juga : Segera Bendung, Jangan Dibiarkan!

Di saat yang sama, Saudi juga mengakui negara Palestina dengan wilayah Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur, yang direbut Israel dalam perang Arab-Israel 1967.

Penunjukan itu diumumkan di tengah meningkatnya upaya Amerika Serikat (AS), agar Saudi dan Israel menjalin hubungan formal untuk pertama kalinya. Penunjukan itu dianggap sebagai “tanda terima” Saudi pada Israel, meski negara tersebut tidak akan memberi otonomi yang lebih luas pada Palestina.

Baca juga : Terima Kunjungan Menhan Saudi, Prabowo Ngarep Kerja Sama Pertahanan Diperkuat

“Ini semacam mencentang kotak, di mana anda harus mengisinya sebelum melakukannnya,” ujar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dilansir New York Times.

Namun, pengamat Saudi yang meneliti hubungan kedua negara, Abdulaziz Alghashian menyebut, penunjukan itu sebagai upaya serius Riyadh, agar warga Palestina mendapatkan perlakuan yang lebih baik. Kata dia, itu adalah cara Saudi mengomunikasikan sesuatu.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi Semangati Jojo Lewat Video Call

Alghashian yang berbasis di Riyadh menambahkan, Dubes Saudi untuk Yordania telah lama mengawasi Palestina. Meski pada praktiknya tidak banyak diketahui.

“Pengakuan formal atas peran ganda itu adalah reaksi terhadap persepsi di kalangan Israel, bahwa Saudi tidak terlalu peduli dengan Palestina,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.