Dark/Light Mode

Dubes Ratu Silvy Gayatri Suguhi Kuliner Nusantara Ke Warga Estonia

Jumat, 1 September 2023 07:40 WIB
Dubes Ratu Silvy Gayatri kanan membuka acara promosi Indonesia bersama Konsul Kehormatan Indonesia di Estonia, Heldur Allese, Sabtu, 26 Agustus 2023. (Foto KBRI Helsinki)
Dubes Ratu Silvy Gayatri kanan membuka acara promosi Indonesia bersama Konsul Kehormatan Indonesia di Estonia, Heldur Allese, Sabtu, 26 Agustus 2023. (Foto KBRI Helsinki)

 Sebelumnya 
Sembari menikmati prasmanan makanan Indonesia, para tamu yang hadir menikmati hiburan tarian Nusantara. Antara lain tari bajidor kahot, tari topeng kelana, tari tor tor dan pencak silat. Para tamu juga dihibur grup musik tradisional Estonia, Kirime folk band.

Berpadu dengan musik khas Estonia, lagu Ayo Mama dan Cucak Rowo yang dimainkan Kirime membuat para hadirin berdendang bersama. Tidak hanya itu, lagu Rungkad yang dinyanyikan Gandi Moenthe, diaspora Indonesia yang menjadi finalis the Voice of Finland 2022,membuat seisi ruangan bergoyang.

Baca juga : Suguhkan Aksi Kolintang Sebagai Penutup HUT RI

Kemeriahan acara ditutup tari Maumere yang dilakukan secara massal dengan para tamu dalam skema flashmob. Wali Kota Saaremaa Mikk Tuisk mengaku, ia baru pertama kali menghadiri acara pagelaran budaya Indonesia. Dia sangat menikmati pertunjukan dan makanan yang disajikan.

“Saya belum pernah ke Indonesia, dan sekarang saya sedikit merasakan keindahannya. Mungkin saya akan pergi ke sana suatu saat nanti,” ujar Wali Kota Tuisk.

Baca juga : Bikin Lomba Makan Kerupuk Untuk Bule Finlandia

Saaremaa merupakan salah satu pulau terbesar di Estonia serta pulau ketiga terbesar di Perairan Baltik. Pulau Saaremaa sering menjadi tujuan wisata akhir pekan penduduk Estonia karena keindahan kota tua dan pantainya. Jarak Kota Saaremaa dari Ibu Kota Estonia, Tallinn, (berbeda pulau) yang mesti ditempuh kurang lebih empat jam, lamanya, tidak menyurutkan antusiasme warga Estonia untuk datang merasakan langsung atmosfer Indonesia.

Dekorasi Barong dan Ondel-Ondel menjadi spot foto menarik bagi pengunjung yang datang bersama keluarga maupun pasangan mereka masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.