Dark/Light Mode

Concord IV Usulan Indonesia, Jurus ASEAN Terus Maju Takkan Tergerus Zaman

Rabu, 6 September 2023 05:48 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN, di Jakarta, Senin, 4 September 2023. (Foto X Menlu_RI)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN, di Jakarta, Senin, 4 September 2023. (Foto X Menlu_RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN merekomendasikan ASEAN Concord IV untuk disahkan dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN KE-43, Selasa (5/9). Ini salah satu jurus bagi Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara itu untuk tetap maju dan tak tergerus zaman.

Keputusan ini dicapai dalam pertemuan Dewan Koordinasi ASE￾AN (ASEAN Coordinating Council Meeting/ACC) yang dipimpin Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Senin (4/9). Susunan ASEAN Concord IV merupakan masukan dari Indonesia.

Baca juga : Jokowi Bolehkan Indonesia Maju Dipakai Prabowo

Dokumen ini akan menjadi fondasi penyusunan Visi Masyarakat ASEAN 2045, memperkuat ASEAN agar dapat mengatasi berbagai tantangan masa depan. Penyusunan Visi Masyarakat ASEAN 2045 mulai dikerjakan tahun ini oleh High-Level Task Force (HLTF) on the ASEAN Community’s Vision 2045 di bawah keketuaan bersama Indone￾sia dan Malaysia. Visi tersebut akan disahkan pada 2025.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini sudah besar. Namun tantangan yang akan kita hadapi di masa depan akan semakin besar. Apakah ASEAN bisa terus maju atau tidak, tergantung kita semua,” ujar Menlu Retno Marsudi di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (4/9).

Baca juga : Forum Akhlak Indonesia Sukses Gelar Erick Thohir Tennis Tournament

ASEAN, lanjutnya, harus bersedia mengambil keputusan berani, agar bisa terus maju dan tetap relevan. Perbedaan antar anggota, tidak boleh menghalangi kemajuan ASEAN.

Sebagai informasi, para Menlu ASEAN melakukan tiga pertemuan untuk mempersiapkan KTT ASEAN ke-43 dan KTT lainnya agar lebih matang.

Baca juga : Indonesia Vs Timor Leste: Mari Tuntaskan Dengan Kemenangan!

Ketiga pertemuan tersebut mencakup ASEAN Ministerial Meeting (AMM), ASEAN Political Security Community (APSC) Council, dan ACC. Dalam pertemuan ini, Myanmar kembali absen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.