Dark/Light Mode

Berupaya Keras Damaikan Konflik

RI Sudah Lakukan 145 Pedekate Ke Myanmar

Kamis, 7 September 2023 05:45 WIB
Presiden Jokowi memimpin Sesi Retreat KTT ke-43 ASEAN, fokus pada implementasi Five-Point Consensus untuk Myanmar dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific AOIP, di Jakarta. (Foto X Kemlu_RI)
Presiden Jokowi memimpin Sesi Retreat KTT ke-43 ASEAN, fokus pada implementasi Five-Point Consensus untuk Myanmar dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific AOIP, di Jakarta. (Foto X Kemlu_RI)

 Sebelumnya 
Setelah melakukan diskusi, para pemimpin ASEAN memutuskan tetap menjadikan 5PC sebagai rujukan utama dalam penyelesaian krisis Myanmar.

“Karena semua paham, tidak bisa dalam satu tahun situasi ini akan berubah,” terang Retno.

Baca juga : Munas Dan Konbes NU Bahas 7 Persoalan Mendesak Bangsa

Kemudian, sebagai komitmen ASEAN untuk terus membantu rakyat Myanmar, maka disepakati pembentukan troika atau kepemimpinan organisasi atau sidang yang dijabat tiga pihak dengan peran yang sama, antara current Chair ASEAN, previous Chair, dan next Chair.

Dengan kesepakatan itu, saat keketuaan Indonesia berpindah ke Laos, troika yang akan bekerja dalam penyelesaian krisis Myanmar adalah Indonesia, Laos, dan Malaysia. Setelah Laos menjadi Ketua ASEAN 2024, Malaysia akan jadi ketua berikutnya.

Baca juga : Layanan Publik Di DKI Diklaim Nggak Kendor

“Keterwakilan non-politis Myanmar dipertahankan, Keketuaan ASEAN 2026 akan dipegang Filipina, dan ASEAN berkomitmen melanjutkan bantuan kemanusiaan,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, tambahnya, para pemimpin ASEAN juga mengapresiasi upaya Indonesia, dalam meningkatkan dan melanjutkan bantuan kemanusiaan untuk Myanmar. Yang semula harus melalui kanal Dewan Administrasi Negara Myanmar (SAC), sekarang bisa dilakukan lewat AHA Centre.

Baca juga : Pasca Operasional Haji 1444H, 8 Jemaah Sudah Pulang ke Tanah Air

AHA Centre adalah The ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance on Disaster Management atau Pusat Koordinasi ASEAN Untuk Bantuan Kemanusiaan pada Manajemen Bencana. Organisasi antar Pemerintah ini dibentuk oleh 10 negara anggota ASEAN pada 17 November 2011, yakni Indonesia, Filipina, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, Laos, Malaysia dan Thailand.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.