Dark/Light Mode

Dubes RI Meidyatama Serahkan Surat Kepercayaan, Sampaikan Salam Presiden Jokowi

Senin, 18 September 2023 07:59 WIB
Dubes Meidyatama Suryodiningrat bersama Presiden Klaus Iohannis setelah menyerahkan surat kepercayaan di Istana Kepresidenan Cotroceni di Bucharest, Kamis (14/9). (Foto: Dok. KBRI Bucharest)
Dubes Meidyatama Suryodiningrat bersama Presiden Klaus Iohannis setelah menyerahkan surat kepercayaan di Istana Kepresidenan Cotroceni di Bucharest, Kamis (14/9). (Foto: Dok. KBRI Bucharest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova, Meidyatama Suryodiningrat menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo pada Presiden Rumania Klaus Iohannis, saat menyerahkan Surat Kepercayaan di Istana Kepresidenan Cotroceni di Bucharest, Kamis (14/9).

Dalam kesempatan itu, Meidyatama mengatakan, Indonesia dan Rumania saling mendukung pencalonan untuk keanggotaan dan kepemimpinan di berbagai organisasi dunia.

Baca juga : Amran Diskusi Empat Mata Dengan Presiden Jokowi, Bahas Apa?

Indonesia, lanjutnya, pada prinsipnya setuju dan mengusulkan reciprocal support agreement antara pencalonan Bogdan Aurescu sebagai Judge of International Court of Justice periode 2024-2033 dan pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2029-2030.

“Indonesia dan Rumania saling mendukung pencalonan di berbagai organisasi internasional, seperti Dewan HAM PBB dan UNESCO,” terang Dubes Meidyatama, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/9).

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Serahkan Sertipikat Tanah Seminari Labuan Bajo

Menurut Dimas --sapaan akrab Meidyatama, kedua pihak juga sepakat meningkatkan kerja sama perekonomian, khususnya perdagangan dua arah. Bagi Indonesia, Rumania merupakan mitra penting di kawasan dan dapat menjadi alternatif mitra impor gandum serta pintu masuk perdagangan dengan negara-negara di Kawasan Balkan dan Eropa Timur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.